Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Agar Terhindar dari Modus Penipuan Digital

748

Pasuruan (wartabromo.com) – Kemajuan teknologi memberikan banyak manfaat dan kemudahaan. Namun kemajuan ini justru dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak modus-modus penipuan yang terjadi di era serba digital.

Penipuan digital biasanya memanfaatkan platform seperti media sosial, email, telepon, hingga aplikasi bodong yang belum jelas keamanannya. Hal yang dapat dilakukan sebagai pengguna ialah cermat dan teliti agar tak terjerumus ke modus penipuan.

Lantas, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus penipuan? Dilansir dari republika.co.od, berikut ini 4 hal yang bisa dilakukan:

1. Jaga Informasi Pribadi

Ada baiknya menjaga informasi pribadi dengan tidak sembarang memberikannya kepada instansi/orang lain yang tidak dipercaya. Informasi pribadi ini mencakup nama lengkap, nomor telepon, alamat, nomor KTP,nomor rekening/kartu kredit, dan data-data penting lainnya.

Baca Juga :   Berbincang dengan Siswa MAN 1 Pasuruan Juara Robotika di Jepang

Jangan juga sembarang mengirimkan foto selfie dengan KTP ataupun foto kartu bank. Karena saat ini banyak sekali modus yang meminta untuk mengirimkan foto selfie dengan KTP.

2. Hindari Memberikan Kode OTP

OTP atau one-time password merupakan kode yang dikirimkan melalui pesan, telepon, ataupun email kepada sang pemilik akun. Kode OTP umumnya digunakan sebagai validasi atas tindakan-tindakan tertentu.

OTP ini menjadi portal agar akun terhindar dari hal yang tidak diinginkan yaitu pencurian atau penyalahgunaan akun. Maka, jika ada yang meminta kode OTP dengan alasan apapun, patut dicurigai, pasalnya instansi resmi tidak akan meminta kode OTP.

3. Jangan Mudah Mentransfer ke Rekening Pribadi

Baca Juga :   KH Raup Puluhan Juta Per Bulan dari Live Show Bugil

Biasanya untuk menjalankan modus penipuan, pelaku akan memberikan berbagai alasan dan penawaran menarik untuk mendapatkan apa yang diincar. Misalnya, meminta data pribadi atau meminta transfer sejumlah uang.

Pelaku akan meminta anda untuk mentransfer ke rekening bank atau akun dompet digital atas nama pelaku untuk menyamarkan penipuan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan jangan sembarangan mentransfer uang.

4. Jangan Mudah Tergiur dengan Hadiah

Biasanya modus penipuan memberikan iming-iming hadiah atau keuntungan yang luar biasa menggiurkan. Eits, jangan langsung percaya ya!

Apalagi rasanya tidak masuk akal dan mudah sekali untuk mendapatkan hadiah atau keuntungan tersebut. Cobalah untuk berpikir tenang dan logis agar tidak masuk ke perangkap pelaku.

Baca Juga :   Youtuber Menjamur, Influencer TKN Jokowi - Ma'ruf Latih Milenial

Sebaiknya cari informasi tambahan dari sumber yang lebih dipercaya. Misalnya, customer service ataupun media sosial resmi milikinstansi. (trj/may)