Guru yang Konsisten Ajarkan Kesederhanaan Itu Telah Pergi…

1177

Pasuruan (WartaBromo.com) – Meninggalnya pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri KH. A. Nawawi Abdul Jalil menyisakan duka bagi banyak pihak. Tak terkecuali Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

“Kami kehilangan guru, ulama sepuh, karismatik. Sosok guru yang senantiasa mengajarkan kesederhanaan,” katanya.

Menurut Gus Ipul, Kiai Nawawi adalah kiai panutan yang nasihat dan bimbingannya banyak diharapkan oleh banyak umat Islam. Ia juga mengaku bersyukur pernah dibimbing Kiai Nawawi selama 10 tahun.

“Dua minggu lalu saya juga sempat sowan Idul Fitri ke Kiai Nawawi,” imbuh mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut.

Sebagaimana diketahui, Kiai Nawawi meninggal dunia di RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan pada Minggu (13/06/2021) sore. Sebelumnya Kiai Nawawi juga diketahui sempat dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Malang.

Baca Juga :   Sebelum Wafat, Kiai Nawawi Alami Migrain dan Sakit Lambung

Pihak pondok sendiri telah mengeluarkan maklumat kepada santri, alumni, maupun wali santri, tidak datang bertakziah ke rumah duka dan meminta menggelar tahlil di rumah masing-masing.

“Diberitahukan kepada wali santri dan simpatisan Pondok Pesantren Sidogiri dilarang datang ke Pondok Pesantren Sidogiri,” demikian pesan yang diunggah oleh akun Instagram resmi Pondok Pesantren Sidogiri.

Suasana di komplek pondok pun dijaga ketat oleh polisi, TNI, Banser, dan keamanan pondok. Tak boleh ada yang masuk, kecuali warga dalam sendiri dan beberapa tamu. (tof/asd)