Tujuh Jabatan Eselon II Pemkot Akhirnya Terisi

701
Prosesi pelantikan 7 pejabat eselon II Pemkot Pasuruan, Sabtu (12/6/2021) malam. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kekosongan jabatan eselon II di sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan akhirnya tuntas diisi. Ada tujuh pejabat eselon II yang baru saja dilantik oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Para pejabat tersebut dilantik bersamaan dengan pelantikan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan yang dilaksanakan di Pasar Gadingrejo, Kota Pasuruan, pada Sabtu (12/06/2021).

Ketujuh pejabat itu ialah, pertama, Yanuar Afriansyah yang sebelumnya Sekretaris pada Satpol PP Kota Pasuruan kini duduk sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan.

Kedua, Supriyanto, sebelumnya ia adalah Camat Purworejo, sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan. Ketiga, Sahari Putro, sebelumnya Kabag Admimistrasi Pemerintahan, sekarang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan.

Keempat, Gustap Purwoko sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas PUPR Kota Pasuruan, sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan. Kelima, Nur Fadholi, sebelumnya menjabat sebeagai Kabid Ketertiban dan Ketentraman Satpol PP Kota Pasuruan, sekarang menjabat sebagai Kasat Pol PP Kota Pasuruan.

Keenam, Titrit Satrijana, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, sekarang menjabat sebagai Kepala DLHKP Kota Pasuruan. Terakhir ketujuh, Basuki, yang sebelumnya merupakan Kabid DPMPTSP, sekarang menjabat sebagai Kepala Disparpora Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, kepada para pejabat yang dilantik Gus Ipul menyampaikan, ASN harus memiliki kompetensi, kualifikasi, integritas, dan kapabilitas.

“ASN harus inovatif, tidak copy paste. ASN juga harus merespon perkembangan masyarakat yang serba cepat, khususnya melalui pemanfaatan teknologi agar pelayanan lebih cepat, murah, dan efisien,” kata Gus Ipul.

Dengan terisinya tujuh jabatan eselon II, maka tersisa tiga jabatan yang kosong, yakni Kepala DPMPTSP, Kepala Bakesbangpol, dan Kepala Dispendukcapil. Menurut Gus Ipul, tiga jabatan tersebut akan diproses lagi.

“Bisa jadi diulang. Mungkin akan kita tempatkan di tempat lain. Pokoknya semuanya potensi, tidak ada yang dibuang. Mungkin tempatnya saja,” pungkas Gus Ipul. (tof/asd)