Ini Deretan Makanan yang Tak Boleh Dimakan Pasca Operasi Caesar

5445

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Setelah masa pemulihan operasi caesar, hendaknya seorang wanita banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Hal ini dibutuhkan agar kondisi tubuh cepat pulih dan jahitan pasca operasi lekas kering.

Dalam mengkonsumsi makanan pun harus benar-benar dijaga. Jangan sampai asal mengkonsumsi makanan, sebab akan berpengaruh pada cepat tidaknya jahitan pasca operasi.

Dinukil dari beberapa sumber, ini deretan makanan yang tak boleh dimakan pasca operasi caesar:

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang perlu dihindari setelah operasi caesar. Pasalnya, makanan ini umumnya sulit dicerna, terutama di hari-hari awal setelah operasi.

Konsumsi gorengan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, rasa terbakar pada tenggorokan, dan kembung. Terlebih lagi jika mengonsumsi gorengan yang dibeli di pinggir jalan, minyak goreng yang digunakan bisa jadi sudah tidak dalam kondisi yang baik.

2. Makanan Pedas dan Bersantan

Jika hobi mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya menghentikan dulu kebiasaan ini. Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat membuat perut mulas dan kembung.

Sebab nantinya dikhawatirkan akan mengalami diare. Akibatnya, malah harus lebih sering ke toilet dan menjadi banyak mengejan. 

Sementara saat pemulihan pascaoperasi, hal ini sebaiknya dihindari dulu karena bisa membuat pemulihan luka menjadi lebih lama. Makanan pedas yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi bayi yang sedang disusui.

3. Sayuran Pemicu Produksi Gas

Meski dikenal sebagai makanan yang sehat, beberapa jenis sayuran tertentu sebaiknya dihindari setelah menjalani persalinan caesar. Salah satunya sayuran yang bisa memicu peningkatan produksi gas dalam tubuh.

Misalnya seperti kembang kol, brokoli, dan kubis. Jenis-jenis sayuran tersebut dapat membuat produksi gas meningkat, sehingga berefek pada rasa tidak nyaman di perut dan nyeri di area bekas luka operasi.

4. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh sebaiknya juga tidak dikonsumsi berlebihan setelah operasi caesar. Sebab, minuman tersebut memiliki sifat diuretik yang bisa membuat seseorang ingin buang air kecil terus-menerus.

Bagi bayi yang memiliki sensitifitas terhadap kafein juga bisa mengalami masalah pencernaan bila sang ibu mengonsumsi kafein saat menyusui. Oleh karena itu, pastikan selalu melihat reaksi bayi saat menyusu, ya. (trj/may)