Atasi Ledakan Kasus Covid-19, Gus Ipul Siapkan Empat Strategi

599

Pasuruan (WartaBromo.com) – Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pasuruan. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menyiapkan empat strategi untuk mengatasi lonjakan kasus.

Sebagaimana diketahui sebelumnya 53 warga Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab PCR.

Gus Ipul mengatakan, pertama, penanganan medis kepada 53 warga yang positif akan menjadi prioritas. Mereka akan diisolasi di tiga shelter yang telah disediakan pemkot.

“Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan tanda-tanda varian Covid-19 baru atau varian delta,” kata Gus Ipul.

Dari 53 orang itu, tujuh orang mengalami gejala ringan dan sisanya tidak bergejala. Kalaupun ada pasien yang sakit akan langsung dibawa ke RSUD Dr. R. Soedarsono untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kedua, dua kampung di Kelurahan Trajeng akan dilakukan pengawasan secara ketat. Polisi, tentara, dan Satpol PP siap mengawasi kegiatan masyarakat di sana untuk mengetahui perkembangan dari hari ke hari.

Ketiga, adalah percepatan vaksinasi. Pemkot akan melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat. Sebab dengan divaksin adalah salah satu upaya untuk memperkuat kekebalan tubuh.

“Vaksin ini utamanya untuk lansia. Saya sudah minta agar vaksin dipercepat dan ditambah jumlahnya setiap hari,” imbuh Gus Ipul.

Langkah keempat, Gus Ipul mengajak semua elemen masyarakat dan lainnya untuk bisa ikut terus mensosialisasikan bahaya Covid-19 dan disiplin penerapan protokol kesehatan.

“Mohon maklum dengan berat hati atas kebijakan ini. Mari bersama-sama berpartisipasi memutus mata rantai ini. Mohon pengertiannya, tetap sabar di rumah saja,” pungkas Gus Ipul. (tof/**)