Tren Kenaikan Covid-19, Pemkab Pasuruan Kebut Vaksinasi

402

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kasus positif covid-19 di Kabupaten Pasuruan terus mengalami peningkatan. Pemerintah setempat bergegas menggencarkan vaksinasi di beberapa tempat.

“Sekarang kita lagi kerja keras terutama men-tracing dan menelusuri penyebabnya apa. Langkah kongkret kami, mulai besok akan melakukan percepatan vaksinasi di beberapa titik yang sudah kami tentukan dengan analisa dari dinas kesehatan. Besok akan dilakukan di Gempol,” ungkap Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Rabu (23/6/2021).

Percepatan vaksinasi ini, kata Irsyad, lantaran kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan, termasuk di wilayah Kabupaten Pasuruan. Terutama setelah munculnya kluster ziarah di Kecamatan Prigen dan kluster ziarah wali di Kecamatan Wonorejo.

“Kami mengajak kepada masyarakat, dan seluruhnya untuk ngerem dulu, karena klaster yang ada di Kabupaten Pasuruan ini, di antaranya klaster keluarga, klaster pasca takziah dan ziarah,” bebernya

Oleh sebab itu, Irsyad menyatakan akan melalukan pembatasan terhadap kegiatan masyarakat. Bahkan, Irsyad menyebut masyarakat yang membandel akan dikenakan sanksi hukum.

“Pemerintah daerah setelah koordinasi dengan Forkopimda telah merencanakan langkah-langkah penanganan, terutama penegakan. Terutama hajatan-hajatan, dan ziarah-ziarah, akan dibatasi. Kalau kemarin Kapolres menyatakan, kalau hajatan ini memaksakan, pak Kapolres akan menindak tegas, kalau perlu akan diproses di pengadilan,” urainya.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya, vaksinasi ke depan bakal menargetkan kelompok lansia dan masyarakat umum di pasar-pasar tradisional.

“Besok kami akan melaksanakan vaksinasi di Pasar Gempol, dengan harapan pasar ini kan tempat berkumpulnya orang, pedagang pembeli dan macam-macam. Vaksinasi di pasar ini akan kami lanjutkan dalam waktu dekat untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” urai Anang. (oel)