Hari Ini, 23 Orang Tenaga Kesehatan di Pasuruan Positif Covid19

1449
Petugas melakukan swab pada warga yang sebelumnya ikut Takziyah. Foto: Emil.

Pasuruan ( wartabromo.com) – Banyaknya pasien positif Covid-19 yang dirawat, membuat para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Pasuruan mulai bertumbangan.

Berdasar data Satgas Covid19, dari 32 orang warga yang terpapar covid19 pada hari ini, sebanyak 23 orang adalah para tenaga kesehatan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, 23 nakes ini bekerja di beberapa tempat, diantaranya Puskesmas Rejoso, Kepulungan, Sukorejo, Bulukandang, Pandaan, Kedawung hingga nakes di RSUD Bangil dan Grati.

Profesi mereka pun beragam. Mulai dari dokter gigi, perawat, apoteker, bidan, verifikator, farmasi, administrasi, hingga radiographer.

“Kita ikut sedih, karena lonjakan jumlah warga yang terpapar membuat para nakes iku tertular karena merawat mereka. Dan hari ini, total ada 23 nakes yang dinyatakan positif Covid-19,” kata Anang, di sela-sela kesibukannya, Senin (28/06/2021).

Baca Juga :   Ngantor Tak Bawa SIM, Dua Anggota Polisi Diminta Pulang

Keseluruh nakes yang terpapar, rata-rata dengan gejala ringan, sehingga membutuhkan istirahat sembari menkonsumsi multivitamin dan probiotik. Kata Anang, saat ini, ada beberapa nakes yang dirawat di RSUD Bangil dan RSUD Grati, dan sebagian besar dikarantina di beberapa tempat seperti SKB Pandaan, Permata Biru Prigen, BLK Rejoso dan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat.

“Kebanyakan terpapar dengan gejala ringan dan sedang seperti batuk, flu dan demam berhari-hari. Untuk yang gejala ringan kami karantina di 3 tempat. Tapi yang gejala sedang dan butuh perawatan, dirawat di rumah sakit,” terangnya. (mil/yog)