Pabrik Kayu di Kareng Lor Hangus Terbakar

633

 

Kedopok (wartabromo.com) – Kebakaran hebat melanda pabrik kayu di jalan Profesor Hamka, Kareng Lor, Kedopok, Kota Probolinggo. Kencangnya angin membuat api sulit dipadamkan.

Informasi yang dihimpun, Jumat sore sekira usai adzan ashar, ada suara ledakan dari arah pabrik kayu CV. Grapari. Warga di sekitar pabrik pun semburat keluar. Memeriksa sumber ledakan itu.

“Tapi api sudah membesar mas, anginnya bertiup kencang. Kami ketakutan,” ujar salah satu warga, Hartono, Jumat (23/7/2021) sore.

Warga khawatir, material kecil terbakar yang diterbangkan angin, juga membakar rumah mereka. Proyektil yang sudah terbakar itu, bahkan sampai menghanguskan sebuah pohon kelapa di seberang pabrik yang terbakar.

“Mulai tadi kami sibuk, menjaga agar tidak ada meterial terbakar yang terbawa angin kemari. Anginnya kencang sekali ini,” imbuh Hartono.

Hingga berita ini dituliskan, proses pemadaman masih berlangsung. “Penyebab belum kami ketahui, karena saat ini kami fokus pada pemadaman,” ujar Kasi Damkar Kota Probolinggo, Abdullah.

Dua tim unit damkar yang dikerahkan, tak mampu menaklukkan si jago merah. Diperparah dengan angin kencang yang berhembus, membuat petugas tidak bisa mendekati lokasi kejadian.

Jarak antara jalan utama dengan pabrik, dipisahkan oleh sungai hamka. Sehingga semprotan air tidak bisa menjangkau bagian yang terbakar. Sementara itu, angin berhembus kencang dari arah selatan ke utara. Menyulitkan petugas untuk mendekat ke titik api. Sejauh ini belum diketahui berapa kerugian material akibat kebakaran itu. Begitu pula adanya korban jiwa atau tidak.

Ironisnya, ratusan warga justru mendekati lokasi kebakaran. Menyaksikan tragedi itu dan hanya merekam dengan kamera ponsel. Tumpukan manusia yang ingin melihat kebakaran itupun, menyulitkan akses keruar masuk unit damkar. (lai/saw)