Jurnalis WartaBromo Raih Fellowship Asia-Tenggara

675
Warga di Kecamatan Bangil menerima pencairan bantuan Covid-19 tahap II dari Provinsi Jawa Timur, Jumat (11/09/2020). Foto: Asad Asnawi.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Prestasi membanggakan kembali di raih jurnalis WartaBromo di ajang internasional.

Adalah Asad Asnawi, jurnalis media ini yang berhasil meraih fellowship Investigasi Keuangan Covid-19 se Asia Tenggara. Ini merupakan kali kedua penghargaan yang diraih WartaBromo di ajang internasional selama dua tahun berturut-turut.

Tahun lalu, jurnalis yang akrab dipanggil Aad itu meraih fellowship Investigasi lingkungan tingkat Asia Pasific. Kala itu, tiga jurnalis asal Indonesia berhasil lolos di ajang yang sama. Sementara peserta lainnya berasal dari India, Jepang dan beberapa negara Asia Pasific lainnya.

Berbeda dengan tahun lalu yang diselenggarakan oleh Earth Journalist Network (EJN) – Internews, fellowship kali ini digelar oleh konsorsium lembaga dari tiga negara. Yakni Tempo Institute (Indonesia), KiniAcademy (Malaysia) dan juga Philippine Center for Investigative Journalist (Filipina).

Floreen M. Simon, Deputy ED and Training Director Philippine Center for Investigative Journalism menyebut, tema keuangan dipilih pada kegiatan kali ini sejalan dengan situasi pandemi yang berlangsung saat ini.

Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan program bantuan Covid-19 yang dilakukan oleh para pihak berjalan efektif dan tepat sasaran. Tanpa ada penyimpangan.

“Sebelum melakukan peliputan, jurnalis akan mendapat bekal pelatihan bagaimana teknik melakukan liputan investigasi,” kata Floreen.

Dikatakan Floreen, selain dari Indonesia, fellowship ini juga diikuti peserta dari beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Seperti Malaysia dan Filipina. (oel/asd)