Pensiunan PNS Bakal Dapat Rp1 Miliar

9178

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah bakal mengubah skema untuk pensiunan PNS. Rencananya pemerintah akan menggunakan skema baru yaitu iuran pasti atau fully funded.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB), Tjahjo Kumolo mengatakan, lewat aturan itu pensiunan PNS bisa kantongi Rp1 miliar.

Namun skema ini belum bisa terealisasi. Pembahasannya masih belum tuntas lantaran pemerintah saat ini masih fokus menangani pandemi Covid-19.

Tjahjo mengaku sudah membicarakan dengan PT Taspen tentang apakah mungkin pensiunan PNS tunjangan Taspennya bisa mencapai Rp1 miliar. Dari perbincangan itu, ternyata mencapai angka tersebut kemungkinan bisa.

“(Setelah) dihitung-hitung bisa,” kata Tjahjo.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria menyebut, pembahasan skema fully funded masih bergulir di Kementerian Keuangan dan diperkirakan akan segera selesai.

Dengan skema fully funded, uang pensiun yang diterima PNS akan lebih besar, karena iuran yang dikenakan adalah presentase dari take home pay (THP) yang jumlahnya lebih besar.

Selain diambil dari presentase THP, skema fully funded pembayarannya juga akan dibayarkan patungan antara PNS dan pemerintah sebagai pemberi kerja.

“Skema dana pensiun saat ini membuat pembayaran iuran sangat kecil karena dari gaji pokok, sehingga saat pensiun mendapat tunjangan hari tua sekaligus yang jumlahnya dinilai tidak mencukupi,” kata Bima. (tof/asd)