Putar Balik! Longsor Lumpuhkan Jalur Malang-Jember

887

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Hujan yang mengguyur Lumajang sejak beberapa hari terakhir menyebabkan longsor. Dalam semalam, 2 Desa di Lumajang dilanda Longsor dan menyebabkan jalur Malang-Jember tutup sementara.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, longsor ini terjadi setelah hujan terus mengguyur. “Ada (longsor) di Sumberwuluh dan Desa Taman Ayu Dusun Jonggrang,” terang Joko Sambang, Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang saat dikonfirmasi.

Longsor yang terjadi di Desa Sumberwuluh, berlokasi di jalur piket Nol dengan membawa material bebatuan. Akibatnya, sebagian jalan tidak bisa dilewati karena ada batu besar yang tidak bisa dievakuasi. Sementara longsor di Taman Ayu mengakibatkan satu rumah warga tertutup material tanah.

Baca Juga :   Segera Lapor Jika HP Hilang, Kalau Tidak Mau Ini Terjadi

Saat ini warga telah melakukan pembersian seadanya material longsoran. Tim BPBD Kabupaten Lumajang sudah diturunkan untuk melakukan penanganan lanjutan dengan melibatkan alat berat.

“Saya sudah komunikasi dengan teman-teman untuk melakukan asesmen dan juga sudah ada pergerakan alat berat,” kata Joko.

Sementara itu saat ditanya korban, Joko mengungkap nihil korban. Namun demikian Ia mengimbau warga Malang yang akan ke Jember via Piket Nol untuk putar balik melalui jalur Probolinggo.

“Rencananya hari ini alat berat akan naik untuk membersihkan sisa longsoran yang sudah ditepikan oleh masyarakat dan relawan,” imbuhnya. (rul/may)