Tarif Tol Paspro Naik 15 Persen

3543

Probolinggo (WartaBromo) – Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) bakal memberlakukan tarif baru. Mulai 19 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB, tarif tol di ujung Jawa Timur itu, bakal naik sekitar 15 persen.

Manajer Operasional PT Trans Jawa Tol Paspro, Sukiran mengatakan penyesuaian tarif tol tersebut merupakan tindak lanjut dari Kepmen PUPR nomor 903/KPTS/M/2021 tertanggal 26 Juli 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Paspro Seksi I-III (IC Grati – IC Probolinggo Timur). Kenaikan terendah ada di Rp 1.500 dan tertinggi senilai Rp 7.000.

“Ada penyesuaian tarif tol terbaru sebesar 13 – 15 persen dibanding tarif sebelumnya,” kata Sukiran pada Senin, 16 Agustus 2021.

Baca Juga :   Motor Karyawan SPBU Sukoharjo Dimaling, Pencuri Diduga Sepasang Kekasih

Ia menyebut kenaikan itu, untuk menjamin tingkat layanan (level of service) pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

“Pemenuhan SPM pada ruas tol Pasuruan – Probolinggo terus dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta pengelolaan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan para pengguna ruas tol,” sebutnya.

Selain itu, penyesuaian tarif tol dilakukan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif. Juga menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia.

Dalam menjaga keselamatan dan keamanan pengguna jalan tol, maka pengelola akan melaksanakan beberapa kegiatan. Seperti mengecek kondisi jalan tol secara berkala, memastikan tidak ada endapan dalam drainase. Mengganti dan memasang pagar rumija dan reflektor yang hilang atau rusak. Juga memperbaiki jalanan yang retak atau berlubang.

Baca Juga :   Masih Langka, Penjual Gorengan Hingga Warga Susah Cari Migor

“Karena itulah penyesuaian tarif tol sudah seharusnya dilakukan, guna menjamin standar pelayanan minimal dan menjamin operasional tol terus berlangsung,” jelas ia.

Pihaknya, kata Sukiran, melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para pengguna jalan sebelum kenaikan tarif tol diberlakukan. “Kami sudah lakukan sosialisasinya sejak akhir bulan Juli lalu. Mudah-mudahan penyesuaian tarif tol ini membawa manfaat bersama bagi seluruh pihak,” tandas ia.

Kenaikan tarif tol tidak hanya terjadi di Tol Paspro, melainkan juga di 3 ruas tol lain. Yakni Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Solo-Ngawi.

Berikut tarif tol paspro selengkapnya:

(saw/may)