Vaksin Booster Nakes Probolinggo Rampung Akhir Agustus

579

Mayangan (wartabromo.com) – Vaksin booster atau vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes), di Kota Probolinggo baru mencapai 52 persen. Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) menargetkan akhir Agustus sudah selesai.

Data DKP2KB menyebut ada 1.269 nakes yang sudah menerima dosis ketiga per Sabtu, 21 Agustus 2021. Angka itu setara dengan 52 persen dari 2.538 nakes.

Proses vaksinasi ketiga ini, sudah dimulai sejak 9 Agustus 2021 lalu. Jatah untuk Kota Probolinggo, ada 150 vial vaksin Moderna.

“Vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ditargetkan rampung akhir Agustus,” kata Setiorini Sayekti selaku Plt. Kepala DKP2KB, pada Senin, 23 Agustus.

Rini, begitu ia dipanggil, sangat yakin target 100 persen vaksin booster ketiga selesai di akhir bulan ini. Meski Agustus menyisakan 9 hari lagi. Ia mengklaim sejauh ini pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga bagi nakes sudah sesuai jadwal.

Wanita berhijab itu juga bilang vaksinasi dosis ketiga untuk memberikan proteksi pada nakes. Sehingga bisa memberikan layanan kesehatan secara maksimal pada masyarakat. Mengingat pandemi Covid-19 belum dipastikan kapan berakhirnya.

Pada vaksinasi ketiga ini, kejadian ikutan pasca imunisasi (Kipi) yang perlu diantisipasi. Meminimalisir dampak KIPI itu, usai menerima vaksin ketiga, nakes diwajibkan istirahat.

“Khawatirnya, jika nakes divaksin berbarengan, lalu ada KIPI, layanan kesehatan bisa terganggu,” ujarnya. (lai/saw)