Tangani Pasien Emergency, Bank Jatim Bantu Motor Ambulance untuk RSUD Bangil

1049

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kontribusi Bank Jatim Pasuruan kembali diwujudkan. Kali ini, Bank Jatim memberikan satu unit motor ambulance untuk RSUD Bangil. Pemberian bantuan ini dilakukan dalam momen sakral pada 17 Agustus 2021 di lapangan Pemkab Pasuruan.

Pimpinan Bank Jatim Cabang Pasuruan, Deddy Adjie Wijaya menyerahkan bantuannya kepada Bupati Irsyad Yusuf. Selanjutnya Bupati menyerahkan kepada Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina. Penyerahan dilakukan secara simbolis berupa replika kunci motor dengan disaksikan Wabup KH Mujib Imron, Forkopimda dan peserta upacara lainnya.

Deddy mengatakan, motor ambulance ini diperlukan untuk penanganan pasien emergency (gawat darurat). Percepatan akan mobilitas motor ambulance dinilai lebih efektif sebagai langkah pertama dalam penanganan pasien. Baik pasien Isoman atau pasien yang memerlukan penanganan ekstra cepat.

Motor ambulance ini didesain khusus. Ada sirine, lampu hingga peralatan kesehatan yang disimpan di boks belakang. “CSR Bank Jatim Peduli ini sebagai bentuk kontribusi penanganan Covid-19 juga. Harapanya pecepatan kondisi darurat yang tidak bisa dijangkau dengan mobil, bisa dengan motor ambulance ini. Mungkin melewati gang-gang sempit atau kondisi jalan yang hanya bisa dilalui dengan motor,” tegas Deddy.

Baca Juga :   Fatal, RSUD Bangil Salah Keluarkan Hasil Swab PCR

Penanganan Covid-19 memang menjadi salah satu perhatian Bank Jatim Pasuruan. Melalui corporate social responsibility (CSR), Bank Jatim Pasuruan membantu masyarakat sesuai kemampuan.

Selain motor ambulans. Bank Jatim juga membantu mobil ambulance buat PMI Kabupaten Pasuruan untuk penanganan Covid-19. Kemudian ikut berkontribusi membagikan 2.000 paket sembako kepada peserta vaksinasi di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan.

“Sebagai Bank milik masyarakat Pasuruan dan Jawa Timur, kami berusaha selalu hadir untuk masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, dr Arma Roosalina mengaku senang instansinya bisa dibantu Bank Jatim. “Pada prinsipnya kami berterima kasih kepada Bank Jatim Pasuruan atas investasinya melalui CSR untuk membantu memudahkan transportasi pasien,” tegasnya saat dihubungi WartaBromo.com.

“Bank Jatim itu tahu dan mampu menangkap kebutuhan masyarakat saat ini. Dan kami memang membutuhkan motor ambulan tersebut. Karena bisa efektif dalam mempercepat penanganan pasien yang tidak bisa dilalui dengan mobil,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ingin Pasuruan Zero ODF, Bank Jatim Salurkan Bantuan untuk Jamban Sehat

Dengan tambahan satu unit motor ambulance pemberian Bank Jatim ini, berarti RSUD Bangil kini memiliki 2 unit. Satu unit motor lainnya lebih dulu dimiliki RSUD Bangil dari anggaran BLUD. “Motor ambulan ini sangat penting untuk outcome dan respons time dalam penanganan pasien,” tegasnya.

DESAIN KHUSUS: Motor N Max yang didesain khusus sebagai motor Ambulance RSUD Bangil, persembahan dari Bank Jatim Cabang Pasuruan.

RSUD Bangil sendiri cukup lama mencanangkan penanganan pasien dengan layanan: BEST (Bangil Emergency Service Team). Layanan penjemputan pasien gawat darurat. Untuk bisa mendapatkan layanan BEST, kata Arma, keluarga pasien dapat menghubungi Call Center Emergency di nomor (0343) 6435-999 atau 6435-990. Nomor tersebut bersifat on call 24 jam, sehingga kapan pun bisa dihubungi.

Begitu petugas sudah melakukan pertolongan pertama, pasien langsung dibawa ke dalam ambulance BEST guna dilarikan ke IGD. “Konteksnya, pasien diberi pertolongan awal dulu oleh perawat kami. Begitu selesai, langsung dibawa ke ambulans untuk dilarikan ke IGD, sampai benar-benar mendapatkan penanganan selanjutnya,” katanya.

Baca Juga :   LSM Forprapun : Dana Japel RSUD Bangil Tak Dibagi, Itu Korupsi

Hanya saja, soal jarak tempuh dan estimasi waktu juga diperhitungkan. Pihak RSUD Bangil akan melakukan identifikasi, apakah pasien ini perlu ditangani di RSUD Bangil atau cukup di RS lain yang terdekat.