Begini Cara Menghadapi Anak Durhaka pada Orang Tua

1409

Pasuruan (wartabromo.com) – Tak sedikit media sosial yang menunjukkan perilaku anak yang durhaka pada orang tuanya. Bahkan, semakin lama kedurhakaan tersebut dianggap bak hal biasa.

 Tak perduli sekecil apapun, perilaku seorang anak yang durhaka, jelas menyakitkan hati. Sayangnya, tak sedikit orang tua yang tak mampu menghadapi dan mengatasi kedurhakaan anak yang dilakukan padanya.

Dilansir dari beberapa sumber, begini cara menghadapi anak yang durhaka pada orang tua:  

1. Beri Kasih Sayang yang Lebih  

Apabila memiliki anak durhaka, langkah awal yang bisa dilakukan adalah memberi kasih sayang yang lebih pada anak. Buatlah anak nyaman dengan kehadiran orang tua, sebab beberapa kasus kedurhakaan anak muncul karena kurang kasih sayang.  

2. Tanamkan Karakter yang Baik pada Anak 

Peran orang tua dalam psikologi anak usia dini memang sangat di perlukan. Karena sejak dini anak sudah di tanamkan karakter yang membuat dirinya mengerti dan mampu memahami orang tua.

Tanamkan pada anak bahwa dirinya tidak bisa bertindak semaunya sendiri. Sebagai orang tua memang penting menanamkan karakter sejak dini. 

3. Perkenalkan Agama pada Anak Sejak Usia Dini 

 Mengenalkan agama sejak dini merupakan alternatif lagi orang tua untuk mendidik anaknya agar ketika iaberanjak dewasa dan remaja. Bantu mereka memahami bahwa berani pada orang tua dan menjadi pembangkang itu tidak boleh dilakukan.

4. Doakan Anak 

Mendoakan anak adalah salah satu cara menghadapi anak durhaka. Cara ini bahkan bisa membuat seorang anak tau bahwa durhaka pada orang tua adalah dosa.

Tak hanya itu, doa menjadi salah satu cara paling mujarab untuk menghadapi anak yang durhaka. Ketika semua usaha tak kunjung berhasil membuat anak sadar, maka doa adalah satu-satunya jalan keluar. (trj/may)