Bondet Meledak di Gondangwetan, Warga Teriak “Tsunami” hingga Kumandangkan Adzan

5866

Gondangwetan (wartabromo.com) – Warga Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan geger dengan adanya ledakan bondet. Sabtu (11/9/2021) pagi. Warga berhamburan hingga teriak tsunami.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB tersebut menggerkan puluhan warga yang berada di Desa Pekangkungan. Mereka mendengar satu suara ledakan, kemudian langsung berhamburan keluar rumah.

Murtadho, Ketua RT setempat mengatakan, seluruh warga dikagetkan dengan adanya ledakan. Aktivitas warga yang biasanya sepi berubah menjadi mencekam. Banyak warga yang berteriak telah ada musibah besar.

“Bingung kabeh wong-wong, koyok onok tsunami iku (semua warga panik, seperti ada musibah tsunami),” tutur Murtadho kepada wartabromo.com.

Selain berhamburan, tak banyak warga juga langsung mengumandangkan adzan takut ada musibah yang sangat besar terjadi. Akibat ledakan tersebut, belasan rumah terpantau rusak, mulai dari genteng jatuh hingga kaca pecah.

“Metu kabeh, akeh seng adzan mas (keluar semua orang-orang, banyak yang mengumandangkan adzan),” lanjutnya.

Sementara itu, Wakpolres Pasuruan Kota mengatakan, peristiwa ini diduga ledakan bom ikan (bondet).

“Telah terjadi ledakan yang diduga adalah sejenin bondet atau bom ikan, yang biasanya digunakan nelayan untuk mencari ikan,” kata Kompol Hery Dian W, Wakapolres Pasuruan Kota.(don/may)