Kerajinan Pemuda asal Pasuruan Ini Bikin Menparekraf Sandiaga Uno Kepincut

892

 

Pandaan (WartablBromo.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi miniatur mobil karya pemuda Pandaan, Pasuruan.

Sandiaga salut dan bangga atas kreativitas dari Ahmad Afriyanto, di usianya yang muda dia sudah menciptakan lapangan kerja sendiri dengan miniatur buatannya.

“Ada yang suka mengoleksi miniatur mobil? Nih guys, kenalin Mas Ahmad Arifianto, anak muda milenial berusia 19 tahun asal Pasuruan, Jawa Timur yang menginspirasi,” tulis Sandiaga Uno dalam unggahan akun instagram miliknya, Jumat (10/9/2021).

Di usianya yang masih muda, lanjut Sandiaga, Afriyanto berhasil mengubah kreativitas menjadi berkah. Menciptakan lapangan kerja, melalui usaha miniatur mobilnya.

Dituliskan Sandi, karya Afri bisa laris terjual 10-15 unit perhari. Dengan omzet rata-rata perbulan berkisar Rp5 juta – Rp8 juta.

“Bayangkan di usia 19 tahun sudah bisa menghasilkan duit sendiri. Salut dan bangga!” pungkasnya.

Dalam unggahannya itu, Menteri Sandi sedang berkomunikasi dengan pemilik usaha miniatur mobil ini. Sandi menyatakan apresiasinya pada karya Afri.

“Miniatur mobilnya nih yang menurut saya keren banget dan mobil yang sehari-hari kita lihat ada Kijang Box, ini yang kayaknya Nissan nih ya, ini mobilku nih, mobil favoritku. Sudah mirip Hotwheels yang sering kita lihat,” ucap Sandi.

Sandi pun menanyakan ke Afri, sapaan Ahmad Afriyanto, belajarnya dari mana dan sejak kapan membuat miniatur mobil. Melalui sambungan video call, Avri mengungkapkan, bermula dari kardus dan triplek ia membuat miniatur mobil beraneka jenis.

“Kemudian untuk saat ini produksi massal menggunakan Resin,” ucapnya.

“Oke, keren banget pakai Resin ya, sekarang berapa unit mobil yang dijual, setiap bulannya,” timpal Sandi.

Pemuda asal Desa Kebonwaris ini mengaku mampu memasarkan 10 miniatur mobil dalam sebulan. Lantaran, selama ini, untuk membuat miniatur mobil tersebut, ia masih memproduksi sendiri.

Untuk meluaskan jaringan penjualan, Sandi menanyakan apakah karyanya sudah dipasarkan di marketplace? Avri mengatakan, dari promosi di sosial media saja sudah kewalahan.

Ditanya Sandi soal mimpi buka pabrik di Jakarta atau ekspor ke luar negeri, pemuda yang sudah merintis usahanya sejak umur 15 tahun ini tampak bersemangat. Ia pun menegaskan keinginannya untuk terus mengembangkan usahanya. Mencoba memproduksi miniatur mobil lebih banyak lagi dan membangun tim untuk usahanya.

“Keren banget produknya, saya doakan sukses dan mudah-mudahan ini bisa membangkitkan semangat para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Terima kasih,” ucap Sandi sembari menyampaikan salam kepada Avri. (oel/asd)