Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Cepat Tanpa Obat Medis

7826

Pasuruan (wartabromo.com) – Sesak napas adalah keadaan yang membuat paru-paru tak sepenuhnya bisa menghirup udara. Hal ini membuat penderitanya merasa nyeri di bagian dada dan kesulitan bernapas.

Tak hanya nyeri, napas pun terasa lebih pendek, bahkan sesekali terdengar suara “ngik-ngik” saat penderitanya menarik napas. Apabila sudah begini, biasanya orang akan segera membeli obat untuk meredakannya.

Dinukil dari hellosehat.com, sebenarnya ada cara mengatasi sesak napas dengan cepat tanpa ahrus meminum obat medis. Penasaran? Yuk, simak!

1. Bernapas Lewat Hidung dan Mulut

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi sesak napas adalah dengan bernapas lewat hidung dan mulut. Bernapas menggunakan cara ini bisa membantu penderita sesak napas menghirup udara lebih banyak.

Baca Juga :   Meski Diyakini Negatif, Balita ini Masuk Daftar PDP ke-2 di Kabupaten Probolinggo

Bahkan, membuang napas melalui mulut juga dapat membantu melepaskan udara yang terperangkan di paru-paru. Caranya, emaskan otot bahu dan leher, secara perlahan ambil napas dari hidung tahan selama beberapa detik, kemudian kerucutkan bibir seolah-olah akan bersiul bersiul lalu buang napas secara perlahan lewat mulut.

2. Duduk di Kursi

Ketika merasakan sesak napas, istirahat dengan duduk di kursi dapat membantu merilekskan tubuh dan meleagakan pernapasan. Posisikan kedua kaki lurus memijak ke lantai.

Kemudian condongkan dada sedikit ke depan dan letakkan siku di atas kedua lutut. Bisa juga dengan menopang dagu dengan kedua tangan, lalu pastikan otot leher dan bahu tetap rileks.

Baca Juga :   Awas DBD Mengancam!

3. Rebahkan Kepala di Atas Meja

Sedang bekerja dan tiba-tiba terserang sesak napas? Jangan panik! Segera rebahkan kepala di atas meja dengan cara sebagai berikut:

– Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai dan posisi badan menghadap meja.
– Lipat kedua tangan di atas meja dan rebahkan kepala pada lengan
– Atur napas pelan-pelan lewat hidung, atau bisa juga lewat mulut sampai terasa lebih lega
– Gunakan benda empuk sebagai bantalan kepala. (trj/may)

Baca juga: Awas! Inilah Daftar Penyakit yang Rawan Timbul Akibat Polusi Udara