Wali Kota Pasuruan Apresiasi Program Pendampingan Bisnis UMKM

1286
Wali Kota Pasuruan Apresiasi Program Pendampingan Bisnis UMKM

Pasuruan (wartabromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf beri dukungan penuh untuk kemajuan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kota Pasuruan. Salah satunya dengan mengapresiasi program pendampingan UMKM oleh Global Entrepreneur Profesional (Genpro) Kota Pasuruan dengan Kamar Dagang Dan Indiustri (Kadin).

Pendampingan ini dilaksanakan di Gedung Untung Suropati, Minggu
(10/10/21). Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf dalam sambutannya menyampaikan
apresiasi program pendampingan bisnis UMKM ini.

“UMKM ini menjadi salah satu andalan Kota Pasuruan. UMKM ini menjadi
salah satu pilar perekonomian di Kota Pasuruan, yang memang harus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Pasuruan,” kata Gus Ipul.

Pendampingan bisnis UMKM ini rencananya akan digelar sebanyak enam kali pertemuan selama tiga bulan. Saat ini Pemerintah Kota Pasuruan sedang mengumpulkan data para UMKM di Kota Pasuruan.

Nantinya, data-data yang didapatkan akan dikumpulkan dalam suatu big data yang memuat profil kinerja pelaku koperasi dan UMKM. Sehingga, kinerja pelaku UMKM bisa termonitoring dengan baik.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga memberikan semangat pada pelaku UMKM yang mengikuti acara pendampingan. Agar tidak putus asa sekalipun bisnis yang dijalani sedang sepi atau pernah mengalami kerugian.

“Pesan saya kepada semua pelaku UMKM di sini, jangan pernah putus asa, sekalipun bisnisnya sepi. Jatuh bangun itu sudah biasa, maka jangan putus asa,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, para UMKM harus jeli memperhatikan setiap produk yang dijual. Mulai dari harga, kualitas, kemudahan akses hingga persaingan pasar.

“Apa yang harus diperhatikan? Pertama, kualitas harus bagus, kalau bisa harganya murah, dan sebisa mungkin mudah diakses konsumen,” tuturnya.

Diakhir sambutan, Gus Ipul mengatakan akan berusaha mendatangkan wisatawan ke Kota Pasuruan. Tujuannya, memperkenalakn sektor bisnis yang dimiliki para pelaku UMKM, sehingga apa yang dijual oleh pebisnis UMKM bisa dikenal masyarakat luas.

“Intinya, UMKM kita harus berpartisipasi, berperan, dan terlibat dalam menuju Kota Madinah (maju ekonominya, indah kotanya, harmoni warganya). Jadi begini, saya akan usaha mendatangkan wisatawan ke Pasuruan lewat strategi-strategi. Nah, tugas njenengan ini memproduksi sesuatu seperti oleh-oleh, dan membuat mereka nyaman disini,” pungkasnya. (trj/**)