Hati-Hati! Ini Penyebab Kecelakaan Fatal di Jalan Tol

1639

Pasuruan (wartabromo.com) – Kabar duka datang dari artis Vanessa Angel (VA) dan suaminya Febri Ardiansyah (Bibi). Keduanya tewas dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang-Surabaya KM KM 672 300, pada Kamis (04/11/2021).

Dari kejadian tersebut, tak sedikit orang bertanya-tanya kenapa bisa terjadi kecelakaan di jalan bebas hambatan atau jalan tol? Padahal bukankah arus lalu lintas jauh lebih lancar dibanding jalan raya pada umumnya?

Menurut instruktur otomotif Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja(BBPLK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, Mujianto, kecelakaan di jalan tol bisa saja terjadi karena beberapa faktor.

“Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kerap terjadinya kecelakaan di jalan tol,” ujar Mujianto dinukil dari jawapos.com.

Baca Juga :   Terlindas Truk, Pelajar MAN Pasuruan Tewas Mengenaskan

Lantas, apa saja faktor-faktor tersebut?

1. Rem Blong

Kondisi rem yang tidak prima menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol. Mau bagaimanapun, rem adalah salah satu bagian kendaraan yang tak boleh disepelekan. Apalagi saat hendak melintas di jalan tol. Pastikan kondisi rem berfungsi dengan baik.

2. Ban Pecah

Selain rem, ban juga bagian kendaraan yang sudah seharusnya diperhatikan sebaik mungkin. Usahakan kaki-kaki maupun ban pada motor atau mobil dalam keadaan baik.

Pastikan ban tidak kelebihan atau kekurangan angin. Ini dilakukan agar ban tidak pecah sehingga hilang kendali dan menyebabkan kendaraan terguling.

3. Pengemudi Kelelahan

Selain faktor yang disebabkan hal-hal teknis, kecelakaan di jalan tol juga bisa disebabkan karena pengemudi kelelahan. Misalnya pengemudi mengantuk hingga tak fokus melihat jalan.

Baca Juga :   Kakak Beradik Asal Beji Tewas Tabrakan di Kepel

4. Kondisi Cuaca

Penyebab lain kecelakaan di jalan tol adalah karena kondisi cuaca yang sedang buruk. Lebih lagi saat musim hujan, kondisi aspal di jalan tol rawan licin.

Oleh karena itu, apabila cuaca sedang mendung apalagi hujan, sebaiknya kurangi laju kendaraan. Ini sangat membantu mencegah dan meminimalisir kecelakaan di jalan tol. (trj/may)