Cara Jitu Hadapi Anak yang Suka Membantah

1007

Pasuruan (wartabromo.com) – Perilaku anak yang suka membantah ketika dinasehati memang membuat amarah orang tua naik pitam. Hati orang tua mana yang tak sakit bila dibentak oleh anak?

Sayangnya, tak banyak orang tua paham cara yang harus dilakukan agar anak tak lagi suka membantah. Akibatnya, tindakan tak terpuji satu ini terus terbawa dan mendarah daging sampai si anak dewasa.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara jitu yang bisa dilakukan:

1. Perhatikan Keadaan Anak

Dalam buku berjudul “Positive Discipline” karya Jane Nelsen disebutkan, umumnya bantahan anak adalah sebagai bentuk ekspresi terhadap rasa marah. Bisa juga frustasi, takut hingga merasa tersakiti.

Oleh karenanya, sebelum mengambil tindakan lebih jauh, sebagai orang tua harus lebih dulu memperhatikan keadaan anak. Analisis dan cermati mengapa ia suka membantah, maka barulah ambil tindakan yang sesuai dengan keadaan.

Baca Juga :   Bunda, Jangan Berikan Sufor Kepada Anak Usia 2 Tahun

2. Tetapkan Batasan

Tips berikutnya adalah pastikan anak mengerti apa yang boleh dan tidak layak ia lakukan. Jika kata-katanya keluar batas, orang tua harus tegas membuat si anak paham bahwa hal tersebut tidaklah sopan.

3. Jadilah Contoh

Psikolog di Houston, Amerika Serikat, Gail Griss mengatakan, orang tua sangatlah penting bersikap seperti apa yang diharapkan dari anak. Jadilah contoh yang baik agar anak paham bahwa setiap orang harus dihargai.

“Jika anak melihat orang tuanya membentak orang lain, maka si anak akan berpikir bahwa membantah adalah hal lazim yang dilakukan, jadi berusahalah untuk memberikan contoh yang baik,” paparnya. (trj/may)