Ini Penyebab Mesin Motormu Mati Mendadak

554

Pasuruan (wartabromo.com) – Para pengendara motor pasti pernah mengalami kondisi mesin motor mati mendadak saat digunakan. Hal ini tentu tidak mengenakkan, apalagi ketika tengah tergesa-gesa.

Perlu diketahui, motor mati mendadak biasanya disebabkan beberapa faktor. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke bengkel sebaiknya ketahui dulu penyebabnya.

Dilansir dari detik.com, berikut beberapa penyebab mesin motor mati mendadak:

1. Mesin Overheat

Mesin motor yang overheat disebabkan karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Nah, kondisi ini membuat ring piston kering yang menyebabkan motor mati mendadak.

Overheat muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Akibatnya, pelumas tidak mampu meredam suhu panas cepat naik, alhasil piston jadi memuai dan macet pada liner boring.

Baca Juga :   Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba yang Sering Diabaikan

2. Main Jet Mampet

Pemotor pasti tahu bahwa main jet merupakan saluran kecil yang fungsinya cukup vital bagi sepeda motor. Kok bisa? Pasalnya, main jet berguna mengeluarkan bensin dari ruang pelampung ke intake manifold.

Bila saluran ini tersumbat, maka bensin tak akan mengalir dan mengakibatkan motor sering mati sendiri. Nah, main jet yang bermasalah, paling sering menyebabkan motor mati mendadak.

3. Kehabisan Bahan Bakar

Motor yang kehabisan bensin pasti akan mati mendadak, hanya saja meski terdengar sederhana, hal ini tak banyak disadari. Apalagi jika spidometer motor bermasalah.

Oleh karena itu, sebelum bepergian pastikan mengecek stok bensin masih aman atau sudah menipis. Apabila menipis sebaiknya segera isi dulu di pom bensin terdekat, ya! (trj/may)