Jangan Hancurkan Barang! Begini Cara Self Healing Terbaik

658
cara self healing

Pasuruan (wartabromo.com) – Seseorang yang mengalami luka batin atau penuh tekanan pasti merasa setres. Untuk menghilangkan setres (self healing), biasanya orang cenderung ingin memukul atau menghancurkan barang.

Padahal, tindakan memukul atau menghancurkan barang justru tak baik untuk kesehatan mental. Hal ini bahkan diperjelas oleh psikolog klinis dan Co-Founder Ohana Space, Veronica Adesla.

Self healing itu hanya bisa dilakukan butuh ketenangan. Tenang untuk terkoneksi lagi dengan diri, kemudian bisa lebih mengenal diri sendiri, bisa mengenal perasaan dan pikiran, bukan dengan menghancurkan barang,” jelasnya.

Upaya menghancurkan barang memang ada dalam satu teknik psikologi, tetapi untuk melepas stres atau emosi. Alias bukan sebagai memulihkan diri dari rasa sakit.

“Lebih merilis emosi, stres release untuk tadi melempar-lempar barang, menghancurkan sesuatu itu stres release, emosi atau anger (rasa marah), kesal, frustasi, mengeluarkan emosi negatif dengan aktivitas seperti itu,” lanjut Veronica.

Lantas, bagaimana cara self healing terbaik dan tepat dilakukan? Dinukil dari Suara.com, berikut ini caranya:

1. Me Time

Cara self healing terbaik yang pertama adalah dengan me time alias meluangkan waktu untuk kebahagiaan diri sendiri. Dengan me time, seseorang bisa menyadari bahwa diri sendiri amat berharga melebhi apapun.

Pilihlah hal-hal yang menyenangkan dilakukan saat me time. Misalnya pergi ke tempat SPA, jalan-jalan ke lokasi wisata yang ingin dikunjungi, membaca buku dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Ingat kata pepatah “You Are What You Eat“? Kata-kata tersebut ternyata bisa jadi salah satu cara self healing terbaik. Pasalnya, membiasakan diri mengkonsumi makanan sehat bisa membantu tubuh mendapat asupan nutrisi dan gizi yang cukup.

Tak melulu harus makan sayur dan buah, saat self healing juga diperbolehkan jajan, lho! Tapi, tetap batasi agar tidak berlebihan, ya!

3. Olahraga Secara Rutin

Ketika merasa dalam tekanan batin sebaiknya sering-sering olaharaga untuk meningkatkan produksi hormon endorphin. Hormon ini dapat menumbuhkan energi positif dalam tubuh.

Selain itu, dengan berolahraga, emosi-emosi yang menimbulkan overthingking bisa diminalisir secara perlahan. Jadi, bagi yang merasa hidupnya penuh dengan tekanan, usahakan menyisihkan waktu untuk berolahraga sebentar. (trj/may)