Gandeng IKM, Disperindag Ajak Pameran dan Launching Creative Collaboration

750
GUNTING PITA: Ketua Dekranasda Kabupaten Pasuruan, Hj Lulis Irsyad Yusuf menggunting pita dalam pameran produk interior di Surabaya.

Surabaya (WartaBromo.com)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan bersama Dekranasda Kabupaten Pasuruan melaksanakan program service learning project. Berkolaborasi dengan Universitas Kristen Petra Surabaya dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jawa Timur dalam Produk Desain Interior.

Dalam proyek kolaborasi ini, Disperindag menggandeng beberapa IKM yang ada di Kabupaten Pasuruan untuk ikut pameran atau exhibition produk interior dengan material kombinasi eceng gondok, kain ecoprint dan kulit kerang.

Beberapa IKM yang terlibat dalam proyek tersebut di antaranya; Winarsih (founder Wins Rajut), Nurdiana (founder Letes Craft, kain ecoprint) dan Rifa Nurdiana (founder Mina Bahari, aksesoris bahan Kulit Kerang).

KOLABORASI: Hj Lulis bersama Kepala Disperindag Diano Vella Feri mengajak beberapa pihak dari UK Petra dan HDII melihat dari dekat produk IKM Kabupaten Pasuruan.

Proyek kerjasama dimulai sejak Agustus sampai November 2021. Penutupan proyek bersama dilaksanakan pada 30 November 2021 dalam bentuk pameran produk yang dilaksanakan di Galeri  Q3 (main lobby) UK Petra Surabaya. Acara pameran berlangsung dengan sukses.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pasuruan, Hj Lulis Irsyad Yusuf dalam sambutannya merasa bangga dan berterima kasih pada IKM binaan Dekranasda Kabupaten Pasuruan, karena dibantu dalam mendesain produk interior.

“Suatu kebanggaan dari kami Dekranasda Kabupaten Pasuruan, karena kerajinan eceng gondok, kain teknik Ecoprint dan produk bahan kerang berkesempatan dibantu dalam mendesain produk interior bersama teman-teman mahasiswa Prodi Desain Interior Universitas Petra dan tim Himpunan Desainer Interior Indonesia, sehingga menghasilkan produk yang luar biasa,” ungkap Hj Lulis Irsyad Yusuf.

CREATIVE COLLABORATION: Kepala Disperindag, Diano Vella Feri (kiri) mengajak berkolaborasi bersama Dekranasda, UK Petra dan HDII Jatim dalam produk desain interior.

Bentuk kolaborasi ini, lanjut Lulis, diharapkan tidak berhenti sampai di sini. Akan tetapi terus berlanjut dengan memberikan kesempatan kepada IKM yang lain untuk mendapatkan kesempatan yang sama di periode selanjutnya.

Selaras dengan Ketua Dekranasda, Diano Vella Fery Santoso, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan berharap Kolaborasi ini terus berlanjut agar IKM dan UMKM bisa naik kelas.

“Terima kasih dan semoga kolaborasi ini berlanjut hingga berimplikasi bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Pasuruan dan pada umumnya Provinsi Jawa Timur,” tegas Diano.

DESAIN PRODUK: Hj Lulis Irsyad Yusuf berharap kolaborasi ini terus berlanjut pada periode selanjutnya.

Pada acara tersebut, turut hadir, Rektor Universitas Kristen Petra Surabaya, Prof Dr Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. Lalu, Dekan Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK), Dwi Setiawan, SS, MA- ELT, PhD. Juga Kaprodi Design Interior (DI), Dr Laksmi Kusuma Wardani, SSn, MDs. Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jawa Timur, Ir Hari Santoso.

Sementara dari Kabupaten Pasuruan, hadir pengurus Dekranasda yang dipimpin Ketua Dekranasda Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf, SE. Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Fery Santoso, S.Sos, MA. Juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Eka Wara Brehaspati, S.STP, M.Si beserta Rombongan lainnya. (day/**)