Waduh! Ini Kebiasaan yang Bisa Bikin Otot Menciut

1000

Pasuruan (wartabromo.com) – Banyak orang yang tak menyadari ada kebiasaan buruk yang bikin otot menciut. Massa otot yang menciut akan berkurang dan membuat tubuh seseorang jadi tak sehat.

Meski terdengar sepele, namun permasalahan otot adalah salah satu bagian kesehatan yang tak boleh diabaikan. Khususnya, bagi orang yang tengah menjaga postur tubuh.

Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan otot jadi menciut? Dinukil dari detik.com, berikut diantaranya:

1. Terlalu Sedikit Mengkonsumsi Kalori

Apabila tidak mengkonsumsi kalori dengan cukup, maka tubuh akan mengambil dari simpanan karbohidrat (glikogen), simpanan lemak, dan protein dari otot.

Jika ini terjadi, maka otot tubuh akan menciut dan tubuh menjadi mudah lelah. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan otot, konsumsi kalori dengan cukup.

Baca Juga :   Yuk, Ketahui Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

2. Tak Suka Mengkonsumsi Makanan Berprotein

Umumnya, orang yang hendak menurunkan berat badan akan mengurangi asupan protein saat diet. Ini dilakukan sebab protein dianggap sebagai sumber lemak.

Padahal, menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, orang yang makan lebih banyak protein kehilangan 27% lebih banyak lemak dan bertambah 8 kali lebih banyak massa otot tanpa lemak. Ini jelas berbanding terbalik dengan yang mengurangi konsumsi lemak di masa diet.

3. Terlalu Banyak Olaharaga

Segala sesuatu yang berlebihan memang berdampak tak baik, salah satunya yang terlalu banyak olahraga. Kok bisa?

Sebab aktifitas olahraga cenderung melibatkan semua serat otot. Jadi, jika terlalu sering olahraga, maka di kemudian hari otot akan mudah menciut dan massa otot berkurang. (trj/may)