Kabut Tebal Masih Menyelimuti Puncak Gunung Semeru Pagi Ini

628

Candipuro (WartaBromo.com) – Kondisi terkini pasca terjadi erupsi Semeru kemarin, daerah puncak gunung tertutup kepulan asap tebal.

Dari laporan Pos Pantau Gunung Api di Gunung Sawur, Desa Sumberuwuluh, Kecamatan Candipuro, sempat terjadi 1 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 14 mm, dan lama gempa 40 detik. Ditambah 1 kali gempa Awan Panas Guguran dengan amplitudo 10 mm dan lama gempa 201 detik.

“Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 300-500 meter dari puncak,” tulis Petugas PGA, Mukdas Sofian dalam laporannya, Minggu (5/12).

Selain itu juga sempat terjadi 3 kali gempa Guguran dengan amplitudo 7-10 mm dan lama gempa 100-200 detik, 2 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 3-6 mm, dan lama gempa 40-45 detik.

Baca Juga :   Ada 900 APK Langgar Aturan di Lumajang

Meskipun cuaca di sekitar lereng Gunung Semeru terpantau cerah, namun masyarakat diimbau untuk sementara berada pada lokasi yang aman dan jauh dari jangkauan material Gunung Semeru.

Sementara, tingkat aktivitas Gunung Semeru masih berada pada Level II Waspada.

“Agar Masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi, Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan,” tambahnya. (rul/may)