Selain Personel, Jenderal Andika Kerahkan Eskavator hingga Helikopter Bantu Evakuasi Korban Erupsi Semeru

3070

Candipuro (WartaBromo.com) – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kerahkan personel untuk membantu proses evakuasi korban erupsi Semeru. Seluruh komando akan dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB).

“Saya serahkan semua asset prajurit ke BNPB. Semua komando jadi satu, biar nggak keos,” jelasnya dalam konferensi pers pada Minggu, (5/12/2021).

Ditambahkan kemudian, selain prajurit, berbagai alat berat juga dikerahkan untuk evakuasi korban erupsi Semeru. Seperti eskavator, alat termal, tangki air, mobil damkar, dan lain sebagainya.

Alat tersebut bakal diberangkatkan dari Pasuruan dan Malang. Alat dari Pasuruan ini berangkat menuju Candipuro, Lumajang. Sementara dari Malang menuju Pronojiwo, Lumajang.

Jenderal Andika juga menyebut, pihaknya menyiagakan transportasi udara seperti Hercules hingga helikopter.

Baca Juga :   Korban Begal Payudara di Probolinggo Bertambah, hingga Kini Lumajang Masuk Zona Kuning Covid-19 | Koran Online 10 Juni

“Nanti helikopter yang saya pakai juga disiagakan. Seandainya diperlukan tambahan untuk evakuasi, monggo dipakai. Ada Hercules untuk mengangkut bantuan juga helikopter untuk evakuasi,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta menuturkan beberapa daerah yang tidak aman akan ditutup dan dijaga. Hal ini akan diberitahukan setelah adanya mapping dari berbagai pihak yang memahami mitigasi erupsi Semeru. (may/ono)