Semeru Kembali Gugurkan Awan Panas, Warga Berhamburan

1974

Candipuro (wartabromo.com)Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas pada Minggu (5/12/2021). Warga pun berhamburan.

Dalam video yang beredar, terlihat warga hingga aparat berlari di jalan diduga daerah Sumberwuluh, Candipuro.

“Ini masyarakat mulai kembali, rupanya erupsi kembali. Masyarakat kembali tidak mau mendekat. Mohon doa restunya. Semua aparat, relawan, menghindar, karena tambah turun tambah banyak,” sebut pembuat video.

Berdasarkan informasi yang didapat wartabromo, Semeru kembali meluncurkan awan panas gugur (APG) sekira pukul 10.00 WIB.

Yadi Yuliandi, Petugas PPGA Semeru dalam laporannya menyebut, selama pukul 06.00 sampai 12.00 WIB, telah terjadi 2 kali letusan atau erupsi dengan amplitudi 18-27 mm, dan lama gempa 80-90 detik.

Baca Juga :   Naise Ingin Memenjarakan Ibu Kandungnya Tak Hanya Sekali hingga Pegawai Ada yang Konfirmasi Covid-19, Dispendukcapil Kota Pasuruan Tutup | Koran Online 7 Ags

“1 kali gempa Awan Panas Guguran dengan amplitudo 37 mm dan lama gempa 6600 detik. 5 kali gempa Guguran dengan amplitudo 3-18 mm dan lama gempa 45-175 detik,” lapornya.

Selain itu, ada tiga kali gempa hem usan dengan amplitudo 7-8 mm dan lama gempa 60-65 detik.

Tak hanya itu, ada gempa tektonik jauh dengan amplitudo 20 mm.

“Masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak G. Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak G. Semeru,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, warga juga diimbau untuk menjauhi area yang terdampak erupsi. Sebab, suhunya masih tinggi.

Baca Juga :   Lumajang, Hari Ini Ada 4 Positif

“Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan. Mewaspadai ancaman lahar di alur sungai/lembah yg berhulu di G. Semeru (mengingat banyaknya material vulkanik yg sudah terbentuk),” tutupnya. (may/asd)

Simak videonya: