Pelihara Hewan Ini Untuk Tumbuhkan Rasa Kasih Sayang di Diri Anak

546

Pasuruan (wartabromo.com) – Punya hewan peliharan bisa menambah nuansa bahagia di rumah. Bahkan, juga bisa membantu menumbuhkan rasa kasih sayang di diri anak.

Tak cuma itu, dengan memelihara hewan, sifat empati dan tanggung jawab pada anak bisa tumbuh. Hal senada juga diungkapkan oleh dokter umum sekaligus alumnus Universitas Indonesia, dr. Damar Upahita.

“Punya hewan peliharaan di rumah bisa mendatangkan berbagai manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun psikis, khususnya anak-anak itu bisa membantu rasa kasih sayang mereka muncul,” katanya dilansir dari halodoc.com.

Namun, kata Damar hewan peliharaan yang pilih harus disesuaikan dengan usia anak. Ini dikarenakan agar anak mudah berbaur dengan peliharaannya tanpa rasa takut. Lantas, hewan apa saja yang disarankan?

Baca Juga :   Hindari 3 Kesalahan Berikut Saat Ajari Anak Mengelola Uang

Yuk, simak!

1. Ikan

Meski terdengar biasa, ternyata memberikan ikan sebagai hewan peliharaan pada anak bisa menumbuhkan rasa kasih sayang dan tanggung jawab. Kok bisa? Sebab, dengan memelihara ikan, anak akan terbiasa untuk memberinya makan sesuai jadwal.

Serta, harus rajin mengganti dan membersihkan air akuarium jika tak ingin ikannya mati. Adapun jenis ikan yang cocok salah satunya adalah ikan hias. Dan, peliharaan ini cocok untuk anak berusia 1 tahun.

2. Kucing

Ketika anak mulai memasuki usia 4 tahun, cobalah untuk memberikan kucing sebagai hadiah ulang tahunnya. Mintalah si anak memelihara kucing dengan baik dan ajarkan tanggung jawab untuk merawatnya dengan baik.

Hewan satu ini pun bisa dengan cepat menumbuhkan rasa empati pada anak dan membuat mereka jadi terbiasa. Disarankan memilih jenis kucing yang perawatannya mudah saat pertama kali belajar merawatnya.

Baca Juga :   Awas! Anak Rentan Alami Kebutaan Saat Belajar Di Rumah

3. Kura-Kura

Tak cuma menumbuhkan rasa kasih sayang, memelihara kura-kura untuk anak berusia 5 tahun ke atas juga bisa melatih kesabaran, lho Bolo!. Pasalnya, reptil satu ini bisa hidup lebih dari 50 tahun.

Namun, perlu diingat, American Academy of Pediatrics memperingatkan reptil sebagai hewan peliharaan untuk anak kecil. Sebab dapat dengan mudah menularkan salmonella.

Oleh karena itu, pastikan mengkonsultasikannya lebih dulu dengan dokter ahli dan selalu jaga kebersihan rumah. (trj/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.