Dekat Semeru, Wisata P-30 Aman Dikunjungi

815

Sumber (WartaBromo) – Destinasi wisata P-30 Sumber tidak terdampak erupsi Gunung Semeru Lumajang. Wisatawan dipastikan aman mengunjungi objek di perbatasan Probolinggo dan Lumajang tersebut.

“Meski lokasinya perbatasan dengan Lumajang, tapi erupsi Semeru, arah anginnya ke selatan. Sedangkan kita berada di utaranya Lumajang. Jadi, aman dikunjungi,” sebut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto beberapa waktu lalu.

Destinasi yang terletak di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber itu, tetap buka pasca erupsi Semeru. Seperti sebelum kejadian bencana alam yang merenggut nyawa puluhan penduduk tersebut. Sama halnya dengan wisata Bromo yang aman dikunjungi.

Jaminan aman juga sesuai hasil pengamatan pos pantau PVMBG Bromo di Dusun Cemorlawang. “Karena kedua wisata berdekatan dan tidak terpengaruh pada erupsi Semeru,” kata Sugeng.

Baca Juga :   Hore... Warga Kota Probolinggo Dapat Duit 200 Ribu Saat PPKM Darurat

Meski aman dari erupsi, ada hal yang perlu diperhatikan wisatawan saat berkunjung ke wisata negeri di atas awan itu. Yakni jalur yang menjadi akses menuju wisata tersebut, rawan longsor. Lokasi longsor di tepi jalan Desa Sariwani Sukapura.

“Jalur wisata di wilayah Sumber dan Sukapura, memang jalurnya rawan longsor. Apalagi sekarang kondisi musim hujan. Karenanya, kami pun imbau pengunjung waspada dan hati-hati,” tandas mantan Camat Tongas itu. (cho/saw)