Pembangunan Huntara Akan Gunakan Material Lahar Dingin Semeru

638
Pembangunan Huntara Akan Gunakan Material Lahar Dingin Semeru

Candipuro (WartaBromo.com) – Hunian sementara (huntara) mulai digarap oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Tumpukan material pasir akibat lahar dingin Gunung Semeru rencananya akan digunakan sebagai bahan pembangunan huntara.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam keterangannya kepada awak media mengatakan, saat ini pihaknya sudah meminta surat dispensasi kepada Kementerian ESDM untuk penggunaan material pasir lahar dingin Gunung Semeru.

“Saya sedang meminta surat dispensasi ke kementerian ESDM untuk bisa menggunakan material pasir di aliran lahar semeru maupun di non aliran lahar semeru, atau di area pertambangan maupun di non area pertambangan,” terangnya, Kamis (6/1).

Lebih lanjut, Cak Thoriq menjelaskan bahwa saat ini material lahar pasir masih menumpuk di banyak titik. Selain di aliran lahar, diketahui material pasir bekas banjir lahar dingin juga menumpuk bahkan sampai mengubur jalan nasional Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Baca Juga :   Foto: Embun Upas Selimuti Ranu Pani

“Misalnya yang ditepian jalan nasional yang kemarin kita rapikan, kita bersihkan itu kan masih banyak, harapannya itu kita gunakan sebagai pembangunan untuk hunian sementara,” imbuhnya.