Grati Direndam Banjir Semeter, Ini Lokasi Terparah

941

Grati (WartaBromo.com) – Banjir rendam Desa Kedawungkulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Senin (10/01/2022). Ratusan rumah di desa ini terdampak banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Haris mengatakan, di Desa Kedawungkulon ada dua dusun yang terendam banjir cukup parah yakni Dusun Adirogo dan Dusun Kebrukan.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pasuruan kemarin menyebabkan Sungai Rejoso meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

Pada Minggu (09/01/2022) malam kemarin, ketinggian banjir di dua dusun ini bahkan sempat mencapai ketinggian 1 sampai 1,5 meter dan hingga pagi tadi banjir masih setinggi 70 sentimeter.

Haris mengatakan, data yang diperoleh BPBD, dari dua dusun tersebut total ada 859 warga yang terdampak banjir.

Baca Juga :   Diguyur Hujan Semalam, 9 Desa di Pasuruan Kebanjiran

“Dan di Desa Kedawungwetan kurang lebih 700 warga juga,” kata Haris.

Saat ini banjir mulai surut. Beberapa titik yang sebelumnya terendam air cukup tinggi, sekarang sudah mulai kering. Masyarakat juga terlihat kerja bakti untuk membersihkan sisa-sisa banjir.

Haris melanjutkan, selain Kecamatan Grati, ada tiga kecamatan lain di Kabupaten Pasuruan yang terendam banjir, yakni Kecamatan Gempol, Kecamatan Winongan, dan Kecamatan Rejoso.

“Dari sekian kecamatan tersebut, saat ini hampir seluruhnya sudah kering. Hanya sedikit yang tersisa di Kecamatan Grati dan Rejoso,” imbuh Haris. (tof/asd)