3 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

901

Pasuruan (wartabromo.com) – Pasangan yang ingin cepat punya momongan harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya kualitas sperma. Adapun yang bisa dilakukan adalah menjaga nutrisi makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Dilansir dari beberapa sumber, menurut dokter umum, dr. Kevin Andrian, kualitas sperma yang buruk tak hanya mempengaruhi kesuburan, melainkan juga stamina pria. Untuk itu, sangat penting bagi pria menjaga pola makan dan menerapkan hidup sehat.

Nah, pada dasarnya tak butuh biaya banyak untuk meningkatkan kualitas sperma. Sebab semua bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan sebagai berikut:

1. Bayam

Tahukah Bolo, rusaknya DNA sperma salah satunya dipengaruhi kadar folat dalam tubuh lemah? Tak cuma itu, rendahnya kadar folat juga bisa membuat sperma encer dan produksnya menurun.

Guna menghindari hal tersebut, sangat disarakan mengkonsumsi bayam. Sebab, bayam kaya akan asam folat. Bila tak suka bayam, Bolo juga bisa mengkonsumsi sayuran lain seperti kubis, asparagus, dan selada.

2. Pisang

Pisang terkenal dengan buah sederhana yang mudah didapatkan di mana saja dan harganya terjangkau. Meski begitu, kandungan gizi dalam sebuah pisang tak main-main. Ada vitamin A, B1, dan C.

Selain itu, pisang juga mengandung senyawa antiradang atau enzim bromelin. Dimana antiradang alami tersebut mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma.

3. Bawang Putih

Salah satu rempah yang sering diolah dalam berbagai macam masakan ini mengandung vitamin B dan selenium. Kandungan tersebut bisa mengembalikan fungsi pembuluh darah. Sehingga aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke penis dan testis jadi lebih lancar.

Untuk merasakan efek yang maksimal, sangat disarankan agar mengolah bawang putih dengan teknik yang benar. Pasalnya, jika diolah asal-asalan bisa menyebabkan kandungan vitamin di dalamnya hilang. (trj/may)

Baca Juga: Tak Lekas Punya Momongan dan Ingin Coba Bayi Tabung? Begini Prosesnya