Ponpes di Gondangwetan Ini pun Kebanjiran

960
Komplek Ponpes Hidayatullah, Dusun Tampung, Desa Kalirejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan yang kebanjiran, Selasa (18/1/2022). Foto: Istimewa.

Gondangwetan (WartaBromo com) – Banjir yang melanda wilayah Kecmatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (18/1/2022) sore berlangsung cukup parah.

Kompleks Pondok Pesantren Hidayatullah yang berada di Dusun Tampung, Desa Kalirejo tak luput dari bencana ini. Bahkan, banjir yang terjadi sejak pukul 15. 00 itu mulai masuk ke asrama putri.

Gus Yazid, pengasuh ponpes setempat yang dihubungi WartaBromo ini mengatakan, selain asrama putri, banjir juga membuat koperasi dan juga akses ke musala tergenang.

“Memang (banjir) belum masuk ke musala. Tapi, aksesnya tertutup genangan, ya kira-kira setengah meter ada,” ujar Gus Yazid.

Di asrama putri, setidaknya ada dua kamar yang mulai terendam banjir dengan ketinggian sekitar 15 sentimeter.

Baca Juga :   Makin Parah, Banjir Mulai Genangi Jalur Pantura Ngopak

Menurut Gus Yazid, banjir yang terjadi kali ini merupakan yang terparah lebih dari dua dasawarsa lalu. “Dulu sekitar 2009 memang pernah, tapi tidak sampai masuk ke kamar atau asrama,” ujar Gus Yazid

Saat ini, pihaknya masih berjaga-jaga mengingat dari hasil pengamatannya, ketinggian air terus meningkat. “Sementara yang kamarnya tergenang, kami evakuasi ke kamar lain,” terang Gus Yazid. (asd)