Rumah Korban Puting Beliung di Probolinggo Segera Dibangun

434

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo segera membangun rumah rusak akibat bencana. Setidaknya ada 80 unit yang masuk data terdampak puting beliung.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kabupaten Probolinggo, R. Oemar Sjarief menyebut, seluruh rumah itu rusak oleh terjangan puting beliung pada Jumat, 14 Januari 2022. Puluhan rumah dengan kategori rusak ringan hingga rusak berat itu, tersebar di 3 kecamatan. Rinciannya, 73 rumah di Kecamatan Besuk, 6 unit di Kecamatan Pakuniran, dan 1 rumah di Kecamatan Kraksaan.

“Dalam waktu dekat, segera direhabilitasi. Kami masih proses pendataan untuk mengkalkulasi tingkat kerugian dan kerusakan masing-masing rumah,” kata Oemar Sjarief pada Kamis, 20 Januari.

Baca Juga :   Menjelaskan Duduk Persoalan atau Meminta Wartawan Tidak Menulis?

Pihaknya juga berkoordinasi lintas sektor dengan TNI-POLRI. Memanfaatkan sumber daya dua lembaga negara itu, untuk membantu proses rehabilitasi. “Agar hasilnya lebih maksimal. Serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” ucapnya.

Meski bakal merehabilitasi rumah yang rusak, Oemar tak berani menyebut nilai anggaran yang dibutuhkan. Termasuk juga sumber dana yang bakal dialokasikan untuk perbaikan tersebut. Setidaknya ada 3 sumber pendanaan yang dapat dipakai.

“Ada (program) rumah tidak layak huni (RTLH), pasca bencana, dan dana tidak terduga (TT). Itu yang dari pemerintah. Tapi belum pasti, menyesuaikan anggaran,” tandas pria asal Kabupaten Pamekasan, Madura itu. (saw/saw)