PWI Pasuruan Tanam 2.022 Pohon, Serukan Tolak Investasi yang Berpotensi Merusak Lingkungan

1002

Tutur (WartaBromo.com) – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan diperingati dengan acara tanam pohon. Kesempatan ini menjadi momen PWI menyampaikan seruan agar menjaga kelestarian lingkungan.

Acara tanam pohon ini dilaksanakan di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan pada Rabu (23/02/2022) pagi.

Dalam kesempatan ini, PWI menyampaikan pernyataan sikap yang mengajak pemerintah dan swasta untuk menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten Pasuruan.

Ada sembilan poin tertuang dalam pernyataan sikap itu. Beberapa di antaranya yakni, siap mendukung penuh upaya konservasi yang dilakukan semua pihak dengan gerakan penanaman pohon yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Lalu meminta kepada Pemkab Pasuruan untuk menolak segala investasi yang dapat berpotensi merusak lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Physical Distancing Tak Berlaku, Anggota Dewan ini Unjuk Diri Asyik Berkerumun

PWI Pasuruan juga mendesak korporasi dan pengusaha untuk berhenti melakukan eksplorasi dan eksploitasi yang berpotensi merusak lingkungan di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Mengajak semua pihak untuk mengubah sikap, perilaku, dan gaya hidup agar mampu menyelesaikan permasalahan yang berakibat menimbulkan bencana lingkungan,” demikian tertulis dalam pernyataan sikap PWI Pasuruan.

Ketua PWI Pasuruan, Djoko Hariyanto mengungkapkan, ini merupakan puncak dari serangkaian acara peringatan HPN di Pasuruan.

Djoko menekankan, kali ini wartawan di Pasuruan ingin berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam di Kabupaten Pasuruan.

“Kami juga berharap pohon-pohon ini nantinya tidak hanya ditanam, tapi dirawat selamanya,” kata Djoko.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang hadir dalam acara ini memberikan apresiasi kepada PWI Pasuruan atas terselenggaranya acara tanam pohon ini.

Baca Juga :   Mahasiswa Pasuruan di Cina Putuskan Pulang, Sebagian Ngaku Sulit Biaya

Tak hanya itu, ia juga mendukung pernyataan sikap PWI Pasuruan. Menurutnya, menanam pohon bukan kegiatan sepele, melainkan kegiatan yang sangat penting. Ide-ide semacam ini perlu diikuti organisasi lainnya.

“Mari merawat bumi dengan menanam. Menanam apa saja. Dan secara tegas saya sampaikan, pemkab mendukung pernyataan sikap PWI Pasuruan,” kata Irsyad.

Selain Bupati Pasuruan, acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Pasuruan serta didukung oleh beberapa pihak swasta seperti Sampoerna untuk Indonesia hingga PT. Tirta Investama Keboncandi. (tof/ono)