Transportasi Tradisional yang Masih Digunakan di Indonesia

938

Pasuruan (wartabromo.com) – Di Indonesia ada banyak transportasi umum yang sering digunakan manusia untuk bepergian. Bahkan, dari tahun ke tahun bentuk dan jenis transportasinya terus berkembang.

Namun, tahukah Bolo kalau di Indonesia masih ada beberapa jenis transportasi tradisional yang sampai saat ini masih banyak digunakan? Dinukil dari beberapa sumber, berikut diantaranya:

1. Perahu Klotok

Khusus wisata air, perahu klotok sampai saat ini masih banyak digunakan di berbagai tempat wisata, misalnya danau atau laut. Umumnya, perahu jenis ini paling banyak ditemui di Banjarmasin.

Di sana, Banyak lokasi wisata air yang menggunakan perahu klotok. Wisatawan pun akan merasakan petualangan bak film Jurrasic Park. Seru, ya?.

Baca Juga :   Orangtua Siswa Sesalkan Kesepakatan Angkot-Angon Kota Probolinggo

2. Bentor

Mungkin istilah bentor alias Becak Motor sudah tak asing didengar di berbagai daerah. Namun ternyata, alat transportasi tradisional satu ini berasal dari Maluku.

Bila dilihat sekilas, bentor dari Maluku ini memang sedikit mirip dengan bentor dari Medan. Hanya saja yang membedakan, yakni kursi supir bentor Maluku berada di belakang penumpangnya.

3. Andong

Siapa yang masa kecilnya pernah naik Andong? Ya, Andong merupakan salah satu alat transportasi tradisional Indonesia yang sampai saat ini masih digunakan. Kereta yang ditarik menggunakan Kuda ini bahkan menjadi salah satu transportasi yang terus dilestarikan.

Umumnya, Andong bisa Bolo temui di Yogyakarta, bahkan di Kota Pasuruan pun juga lho, Bolo. Tarif untuk bisa naik Andong pun masih terbilang terjangkau, jadi tak perlu mahal-mahal untuk bisa merasakan sensasi naik transportasi satu ini. (trj/may)