Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an dengan Cepat di Bulan Ramadan

368

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagian besar umat muslim berlomba mengkhatamkan Al-Qur’an berulang kali di bulan Ramadan. Sayangnya, tak banyak yang bisa melakukannya dengan cepat.

Mengingat di bulan Ramadan salah satu amalan yang paling mudah dilakukan adalah membaca Al-Qur’an. Maka sangat disayangkan bila tak dimanfaatkan dengan maksimal.

Tapi, bagaimana ya agar bisa mengkhatamkan Al-Qur’an dengan cepat di bulan Ramadan? Dilansir dari beberapa sumber, berikut tips yang bisa dilakukan:

1. Bangun Niat

Apapun pekerjaan yang dilakukan, niat jangan sampai terlupa. Sama halnya ketika berkeinginan mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan, susun dan bulatkan tekad untuk melakukannya dengan maksimal.

2. Buat Jadwal Rutinitas Membaca Al-Qur’an

Setelah niat sudah bulat, maka segeralah membuat jadwal rutinitas membaca Al-Qur’an. Sesuaikan dengan kemampuan diri, misalnya sehari 1 juz tergantung kemampuan.

Baca Juga :   Misteri Malam Lailatul Qadar

Jangan memaksakan diri agar tak keberatan melakukannya. Bilamana dari jadwal yang sudah dibuat masih ada kemungkinan waktu tambahan, maka bisa menambahkan bacaan di setiap harinya.

3. Pakai Aplikasi Al-Qur’an

Agar tak kesulitan membaca Al-Qur’an di mana dan kapan pun, maka disarankan menggunakan aplikasi Al-Qur’an di ponsel. Pilihlah salah satu aplikasi yang paling nyaman dibaca.

4. Tadarus Bersama

Bilamana membaca Al-Qur’an sendiri terasa berat, maka bisa melakukan tadarus bersama, baik dengan keluarga atau teman. Tadarus bersama juga menjadi hal yang identik dilakukan selama Ramadan.

Kegiatan ini biasa dilkukan selepas salat tarawih di masjid/musala. Terdiri dari 5-10 orang dan biasanya 1 malam bisa menghabiskan 2-3 juz sekaligus dan tentunya dengan tadarus Al-Qur’an bisa dikhatamkan dengan cepat. (trj)