Mal Pelayanan Publik Kota Pasuruan Mulai Uji Coba

1484

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di kawasan Pasar Poncol, Kota Pasuruan, mulai diuji coba. Beberapa perangkat daerah mulai melakukan layanan di mal ini.

Uji coba dilakukan mulai Senin (25/04/2022). Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapkan, adanya MPP ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan publik untuk masyarakat.

Ia menyebut, secara umum, uji coba MPP ini sudah baik, meski belum sempurna. Ada beberapa yang perlu diperbaiki. Pemkot, kata dia, akan terus mengupayakan agar ruangan lebih nyaman bagi masyarakat.

“Prinsip pelayanan publik itu ada empat. Mudah, murah, cepat, dan tepat. MPP diharapkan bisa memenuhi empat hal itu,” kata Gus Ipul, Kamis (28/04/2022).

Baca Juga :   Kendaraan Dinas Pemkot Pasuruan Boleh Dibawa Mudik

Uji coba akan dilakukan hingga beberapa bulan ke depan. Selama uji coba itu, pemkot akan terus mengevaluasi berbagai catatan atau kekurangan dari MPP. Sehingga ketika dilaunching nanti, MPP sudah benar-benar layak dan nyaman.

Terpisah Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pasuruan, Indra Gunawan menyebut, saat ini ada sejumlah perangkat daerah yang membuka layanan di mal.

Beberapa perangkat daerah itu antara lain, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan, dan Dinas Kesehatan.

Sejak hari pertama uji coba, sudah ada ratusan warga yang mengakses pelayanan di MPP. Indra menyebut, per hari tak kurang 200 orang mendatangi MPP untuk mendapatkan pelayanan.

Baca Juga :   Mei, Rehab SDN Gentong Ditarget Selesai

“Total jumlah layanan yang bisa diakses masyarakat ada 97 jenis layanan. Kalau paling banyak masyarakat datang untuk mengakses layanan administrasi kependudukan,” ujar Indra. (tof/**)