Puluhan Sapi di Lumajang Alami Lumpuh Mendadak

5594

Lumajang (WartaBromo.com) – Puluhan ternak sapi di Kabupaten Lumajang mendadak lumpuh pada bagian kaki. Belum diketahui pasti penyebab dari kelumpuhan tersebut.

“Iya kakinya kayak lumpuh, lemas ndak bisa berdiri, ngiler tok (keluar air liur, red)” terang Taufik, salah satu peternak asal Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Minggu (8/5).

Dikatakan Taufik, ada sekitar 40 ekor sapi yang mengalami kondisi serupa dalam beberapa waktu terakhir. Dirinya bersama peternak lain pun khawatir jika sapinya terjangkit wabah yang bisa  menyebabkan kematian pada hewan ternaknya.

Petugas dari UPT Kesehatan Hewan setempat juga sudah memeriksa dan memberikan obat-obatan. Namun belum ada hasil yang signifikan.

“Sudah dari manteri hewan itu disuntik, sudah diperiksa juga, tapi obatnya kurang,” lanjutnya.

Baca Juga :   Gagal Panen Jadi Penyebab "Pedasnya" Harga Cabai di Probolinggo

Taufik pun berharap adanya pemeriksaan lebih lanjut dari petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang. Sehingga penangananya tidak terlambat dan hewan ternak pun tidak sampai banyak yang mati.

Wartabromo pun mencoba menghubungi dinas terkait untuk mengkonfirmasi kabar ini. Namun belum ada tanggapan resmi dari pemerintah setempat. (rul/may)