Manfaat Kencur Untuk Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

809

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain menambah cita rasa pada masakan, orang-orang percaya kencur punya segudang manfaat. Utamanya bagi kesehatan tubuh.

Sejak jaman dahulu, banyak orang percaya bahwa kencur mengandung banyak manfaat. Lantas, apa saja manfaat kencur?

Ini beberapa diantaranya dilansir dari hellosehat.com:

1. Mengobati Batuk

Manfaat pertama yang sudah banyak dibuktikan kemanjurannya adalah untuk mengobati batuk. Yakni mencampurkan rebusan kencur dengan garam.

Obat tradisional ini bisa dikonsumsi secara rutin bagi penderita batuk berdahak, mulai yang berusia anak-anak hingga dewasa.

2. Menghilangkan Setres

Selain mengobati batuk, kencur ternyata bisa menghilangkan stres, lho. Ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh.

Baca Juga :   Bangkit dari Pandemi, Ansor Sumberasih Galang Sedekah Beras

Penelitian tersebut menunjukkan, ekstrak tanaman kencur baik akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

3. Mencegah Karies Gigi

Kencur mengandung sifat antmikroba yang punya manfaat menakjubkan. Kandungan tersebut bisa membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh.

Nah, kalau bakteri tersebut dibiarkan maka bisa mengakibatkan kerusakan gigi, salah satunya karies gigi. Penyakit ini dapat membuat gigi rusak, berlubang dan penderitanya akan sering sakit gigi. (trj)