Fakta Tentang Penyu yang Jarang Diketahui Orang

392

Pasuruan (wartabromo.com) – Penyu merupakan salah satu reptil yang punya keistimewaan sendiri. Ada berbagai fakta menarik tentang penyu yang ternyata jarang diketahui.

Dilansir dari National Oceanic and Admospheric Administration (NOAA), ada 7 spesies penyu yang dilindungi. Dan 6 spesies diantaranya dalam kondisi rentan.

Diketahui, faktor utama yang menyebabkan berkurangnya populasi penyu yakni perburuan, kehilangan habitat, terjerat jaring nelayan. Juga disebabkan karena polusi laut, dan perubahan iklim.

Selain ancaman kepunahan yang semakin meningkat, ada fakta lain seputar penyu yang penting diketahui. Berikut dilansir dari beberapa sumber:

1. Telah Hidup di Bumi Selama Jutaan Tahun

Tahukah Bolo, kalau penyu telah hidup di bumi selama lebih dari 110 juta tahun. Meski begitu, penyu tetap bisa bertahan hidup dari perubahan iklim yang memusnakan dinosaurus.

Kok bisa? Tak lain disebabkan karena tubuh penyu dilindungi dengan cangkang (carapace). Cangkang ini cukup kuat sehingga penyu bisa tahan dari serangan predator dan perubahan iklim ekstrim.

2. Mampu Menempuh Jarak Renang yang Jauh

Berbeda dengan kura-kura yang jarak renangnya terbatas, penyu justru dijuluki sebagai reptil perenang yang handal. Jarak yang bisa ditempuh penyu dalam sekali waktu diperkirakan sampai 19 ribu km.

Jarak tersebut setara dari Indonesia menuju ke Oregon, Amerika Serikat. Kemampuan ini dikarenakan siripnya memang diciptakan untuk beradaptasi dengan air. Untuk itulah penyu cenderung terlihat lamban saat berjalan di pasir.

3. Penyu Betina Kembali ke Pantai yang Sama Untuk Bertelur

Penyi betina hanya terlihat di pantai saat musim bertelur telah tiba. Nah, di musim itulah penyu betina akan kembali ke pantai yang sama di mana dia menetas.

Walaupun si penyu tersebut telah pergi selama 30 tahun dari pantai yang digunakannya untuk bertelur pertama kali, ia tetap akan menemukan pantai yang tepat untuk bertelur.

Wah, ternyata unik juga, ya Bolo? Tentu dengan fakta-fakta tersebut diharapkan sebagai manusia yang perduli dengan sesama makhluk hidup bisa turut melestarikan kehidupan penyu. (trj/may)