Cara Merawat Batu Nisan dengan Baik dan Benar

812

Pasuruan (wartabromo.com) – Menjaga dan merawat makan seseorang yang dikasihi merupakan suatu tindakan mulia. Tak hanya mencabuti tanaman liar yang tumbuh di tanah makam, batu nisan pun perlu dirawat.

Tak sembarangan, nisan yang dirawat asal-asalan bisa mengalami kerusakan dini. Tentu, hal ini tak diinginkan keluarga mendiang, pasalnya nisan merupakan benda penting sebagai identitas pemilik makam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara merawat batu nisan dengan benar:

  • Tentukan waktu untuk merawatnya. Bolo bisa menentukannya sesuai kebutuhan, misalnya satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Sesuaikan juga dengan jenis nisan, karena beberapa bahan nisan justru mudah lapuk jika terlalu sering dibersihkan.
  • Cabuti tanaman liar. Selanjutnya, Bolo bisa mencabuti semua tanaman liar yang menutup tanah makam. Gunakan gunting pemotong tanaman atau cabuti menggunakan tangan.
  • Gunakan pembersih khusus. Khusus untuk nisan berkeramik, sebaiknya gunakan pembersih khusus bernon-ion. Namun, jika nisannya terbuat dari batu biasa cukup bersihkan dengan air dan usap perlahan dengan kain.
  • Hindari peralatan yang berpotensi merusak. Gunakan peralatan yang aman dan hindari menghindari peralatan yang bisa merusak nisan, seperti pisau atau penggosok besi.
  • Periksa kerusakan nisan. Saat membersihkan nisan jangan lupa untuk memeriksa kerusakan nisan. Jika terdapat kerusakan kecil, maka segera atasi agar tidak berkepanjangan.
Baca Juga :   Ini 3 Tempat Wisata Paling Horor di Indonesia

Cara merawat batu nisan di atas tentu tidak terlalu rumit, kan? Lakukan dengan benar agar batu nisan tetap indah sebagai upaya menghargai mendiang. Nah, bagi bolo yang ingin membeli atau memesan batu nisan berkualitas bagus, bisa klik link ini. (trj)