Tertipu Link Palsu, Tabungan Puluhan Juta Milik Guru TK Asal Bangil Bersih Dikuras Maling

3253

Bangil (WartaBromo.com) – Seorang guru TK di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan jadi korban penipuan. Tabungan puluhan juta miliknya pun raib.

Guru TK tersebut bernama Fadillah warga Kelurahan Dermo, Kecamatan Bangil. Ia mengalami penipuan pada Jumat (28/05/2022) lalu.

Suami Fadillah, Hari Setiawan mengatakan, mulanya Fadillah hendak menginstall aplikasi BRI Mobile (Brimo) di ponsel barunya. Ia sempat mengontak call center BRI lewat aplikasi telegram.

Entah bagaimana, tiba-tiba ia mendapatkan pesan dengan kontak tertera BRI-OTP. Pesan tersebut berisi link dengan domain mirip web resmi yakni brimo.bri.co.id.

Fadillah tak curiga dengan link tersebut dan mengira bahwa link tersebut memang benar-benar milik BRI. Ia mengetuk link tersebut dan masuk ke web yang mirip web resmi milik bank pelat merah tersebut.

Baca Juga :   Dua Remaja Nekat Habisi Pemilik Warung Hanya Gara-Gara Rokok

“Istri saya langsung mengisi username dan password,” kata Hari, Minggu (12/06/2022).

Nah ketika mengisi username dan password itulah tiba-tiba web mendadak eror. Fadillah sempat mencoba mengaksesnya kembali tapi gagal.

Sekitar 15 menit kemudian, ada pesan dari BRI bahwa tabungannya senilai Rp34.950.000 ditransfer ke rekening yang tidak dikenal.

Padahal, menurut Hari, tabungan itu rencananya buat biaya operasi Fadillah yang saat ini sedang hamil dan selain itu juga untuk biaya aqiqah anaknya.

Kejadian ini, oleh Hari, telah dilaporkan ke Polda Jatim, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang, dan telah mendatangi Kantor BRI Cabang Pasuruan.

“Pesan saya kepada nasabah lain agar hati-hati kalau mendapat link yang mengatasnamakan atau mirip link BRI yang resmi,” imbuh Hari. (tof/asd)