Tak Cuma Uang, Ini 4 Hal yang Harus Diberikan Orang Tua pada Anak

324

Pasuruan (WartaBromo.com) – Berbagai cara dilakukan orang tua agar anaknya merasa bahagia, seperti dengan mencukupi kebutuhan finansial dan memberikan uang saku. Padahal tak melulu uang, ada hal penting lain yang juga harus diberikan kepada anak.

Apalagi saat anak sudah memasuki fase remaja hingga dewasa, bukan hanya uang yang bisa membuat anak merasa bahagia. Melainkan perhatian dan hal-hal kecil lain yang bisa membuat anak merasa dihargai.

Dilansir dari riliv.co, ada empat hal penting yang juga harus diberikan orang tua kepada anak selain uang. Apa saja?

Simak, yuk!

1. Privacy

Siapa yang masih suka kepo dengan isi ponsel anak? Sebaiknya jangan lagi diam-diam membuka ponsel anak, ya!.

Baca Juga :   Fakta Unik Detak Jantung Janin

Jika memang merasa penasaran dengan isi ponsel anak, ajaklah anak untuk bicara dan bercerita. Jangan pula mendesak anak untuk membuka semua hal yang dilakukan dengan ponselnya.

2. Ruang Sendiri

Orang tua harus paham, semakin bertambah usia anak pasti membutuhkan ruang untuk sendiri dan punya rasa tak ingin diganggu. Sayangnya, kebanyakan orang tua cenderung jengkel bila anaknya sering menutup pintu kamar.

Nah, bila ingin tahu apa yang terjadi pada anak sebaiknya ketuk pintu kamar mereka sebelum masuk. Jangan asal masuk, sebab itu akan membuat merasa tidak nyaman.

3. Rasa Dipercaya

Siapapun tak bisa terlepas dari masalah, begitu juga seorang anak. Cobalah memberi kepercayaan kepada anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Baca Juga :   Mau Lahiran Normal? Begini Tipsnya

Biarkan anak melatih kemampuan problem solving dan sesekali bantu bila mereka membutuhkan bantuan atau saran. Ingat, jangan pula mengintimidasi atau menyudutkan anak saat mereka ingin bercerita.

4. Kebebasan Finansial

Saat anak sudah bekerja, sebagai orang tua usahakan untuk tidak mengekang keuangan anak. Pahamilah bahwa anak punya kepentingan pribadi.

Jangan meminta anak untuk mencukupi kebutuhan orang tua. Biarkan mereka mengatur keuangannya sendiri, pun anak akan tahu bagaimana caranya membalas budi kepada orang tua tanpa diminta. (trj)