10 Ribu Dosis Vaksin PMK Sudah di Lumajang, Sapi Siap Disuntik

16

Lumajang (WartaBromo.com) – Setelah beberapa lama menunggu, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, akhirnya mulai mendistribusikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pemerintah Kabupaten Lumajang mendapatkan jatah kurang lebih 10 ribu dosis.

“Alhamdulillah, obat vaksin untuk 10 ribu dosis, kemarin sudah diterima oleh Pemkab Lumajang,” terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono, Senin (27/6).

Pemerintah langsung mengerahkan sejumlah petugas untuk melakukan vaksinasi di beberapa wilayah. Fokus utamanya bagi sapi yang sehat. Sementara untuk sapi yang dalam kondisi sakit, tidak dilakukan vaksin.

“Hari ini telah di mulai vaksinasi untuk ternak sapi. Peruntukan vaksin diberikan kepada sapi yang sehat dan sapi pasca pemulihan dari sakit PMK,” imbuh bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

Di sisi lain, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, drh. Rofi’ah mengatakan vaksinasi ditargetkan rampung pada bulan depan. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah provinsi.

“Terutama wilayah yang masih bebas, Jawa Timur ditarget tanggal 7 Juli 2022,” pungkasnya. (rul/may)