Pecah Target, Atlet Renang Kabupaten Pasuruan Raih 2 Emas 1 Perunggu

10

Jember (WartaBromo.com) – Cabang olahraga Renang Kabupaten Pasuruan juga ketiban “durian runtuh”. Keberuntungan itu didapat setelah beberapa perenang andalan mampu memecahkan target yang dicanangkan KONI Kabupaten Pasuruan.

Untuk sementara, cabor renang mampu menyumbangkan 2 emas 1 perunggu. Dua emas itu diraih oleh peselam Rayhan di nomor 200 meter Gaya Kupu-Kupu. Dan emas lainnya diraih oleh Salwa Nadhifah Sakira di nomor 100 meter Gaya Bebas.

Sedangkan satu perunggu direbut Gabriele Valarie di nomor 400 meter gaya bebas puteri. Prestasi ini diraih para perenang saat berlaga di ajang Porprov VII Jatim 2022 di kolam renang Kebonagung Jember.

Raihan medali ini melampaui target yang dicanangkan KONI. Sebelumnya, KONI Kabupaten Pasuruan menargetkan untuk cabor renang dengan 2 perak 1 perunggu.

Baca Juga :   Emas Pertama Kabupaten Pasuruan dari Cabor Atletik

“Alhamdulillah, target sudah terlampaui,” ucap Selamet Budi, pelatih renang yang didampingi dua pelatih lainnya, Feris Dwi Efendi, M Teno Pratama.

Sebenarnya peluang untuk mendapatkan medali masih diharapkan di nomor estafet. Nomor ini cukup diandalkan ofisial tim renang. Namun, apa boleh dikata, di nomor estafet ini, para perenang Kabupaten Pasuruan harus puas di tempat keempat.

Masih ada peluang untuk meraih medali? Budi masih yakin akan hal itu. Sebab, Selasa besok (28/06/2022), masih ada tiga nomor lagi yang bakal diikuti para atlet. Yakni Rayhan
di nomor 100 meter kupu-kupu. Lalu Salwa di nomor 50 gaya bebas. Dan nomor Estafet 4×100 meter gaya ganti (Pa/pi). Dalam nomor estafet ini akan tampil perenang Aisyah Kirani.

Perenang remaja ini pernah dinobatkan sebagai perenang terbaik Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Dalam Porprov 2019 di Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro, cabor renang terpuruk tanpa medali emas satupun. Hal ini dikarenakan masih ada atlet yang masih bingung antara memilih renang atau selam.

Namun pada Porprov 2022 ini, para perenang sudah mulai focus. Bahkan, juga sudah mempersiapkan diri dalam sesi renang baru, yakni renang di laut bebas atau OWS (open water swimming).

OWS akan digelar di laut lepas Pasir Putih Situbondo. Gelaran OWS ini akan dilakukan setelah kompetisi renang kolam selesai besok. Enam perenang OWS yang sudah siap berlaga atas nama Geby, Reyhan, Reva Adelia, Aida Salwa, M Nabil Abdillah. Della Bintang Pratama.

“Kami senang bisa mendapatkan medali ini. Mudah-mudahan besok kita menambah lagi. Dan di OWS, anak-anak sudah pernah berlatih di laut lepas beberapa kali,” tegas Ketua Cabor PRSI Kabupaten Pasuruan, dr Ugik Setyo Darmoko. (day/yog)