1.881 Sapi Probolinggo Sudah Divaksin PMK

53

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo mulai memvaksinasi hewan. Total sudah ada 1.881 sapi yang divaksin guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Jumlah itu merupakan total vaksinasi di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Krucil, Sukapura, dan Lumbang. Untuk Lumbang dan Sukapura vaksin yang digunakan sudah 481 dosis. Sedangkan di Krucil, sudah lebih dari 1.400 dosis.

“Salah satu atensi kami memang yang di Krucil, karena di sana banyak sapi perah,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Disperta setempat, Aulia Khusumastutik, Rabu (29/6/2022).

Vaksinasi selanjutnya yakni diKecamatan Gending. Daerah pesisir laut ini, tergolong zona hijau wabah PMK.

“Kami memang cari yang zona hijau dulu, yang sapi-sapinya masih belum kena (PMK, red). Karena kalau sudah kena itu kan kekebalan tubuhnya akan terbentuk dengan sendirinya,” paparnya.

Ia mengimbau kepada peternak yang hewannya belum terkena PMK untuk menjaga kebersihan kandangnya. Agar tidak mudah terkena virus tersebut.

Selain itu, ia juga mengimbau agar konsumsi vitamin hewan dapat terpenuhi. “Terutama sanitasi kandangnya harus dijaga, ini yang utama untuk mencegah PMK ini,” tandas Aulia.

Pemkab Probolinggo menerima 9 ribu dosis vaksin PMK. Dengan vaksinasi yang sudah dilakukan, sisa vaksin masih dikisaran 7 ribuan dosis. (cho/saw)