Anggaran Dipangkas, Tak Semua Pelajar Kota Pasuruan Dapat Seragam Gratis

296

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan kembali mengalokasikan anggaran untuk seragam gratis bagi pelajar SD dan SMP di Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Mualif Arief mengatakan, pengadaan kain seragam gratis untuk pelajar tingkat SD dan SMP tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

Jika tahun lalu semua murid SD, kelas I hingga kelas VI, dan semua murid SMP, kelas VII hingga kelas IX mendapat kain seragam gratis, tahun ini hanya murid baru yakni, murid SD kelas I dan murid SMP kelas VII.

Tak hanya itu, tahun lalu pemkot juga memberikan ongkos jahit sebesar untuk dua stel kain seragam sebesar Rp150 ribu. Tahun ini, ongkos jahit tersebut ditiadakan.

Baca Juga :   Punya Julukan Penggemar, Politisi Pasuruan Mulai Kayak Artis

Dari sisi anggaran pun menyusut jauh. Tahun lalu pemkot membagikan kepada kurang lebih 32.000 pelajar SD dan SMP di Kota Pasuruan dan menyedot anggaran belasan miliar.

“Tahun ini alokasi untuk pengadaan seragam gratis Rp2 miliar,” kata Mualif, Selasa (05/07/2022).

Semua murid baru SD dan SMP, baik negeri maupun swasta, di Kota Pasuruan akan mendapat kain seragam gratis dua setel, yakni kain seragam nasional dan seragam pramuka.

Proses pengadaan ini akan melalui mekanisme lelang. Mualif berharap, tidak ada kendala yang berarti, sehingga seragam bisa dibagikan sebelum masuk tahun ajaran baru tanggal 18 Juli mendatang.

Meski demikian, jika pun nanti distribusinya terlambat, Mualif menyebut, murid baru tak perlu terburu-buru membeli seragam. Mereka masih diperbolehkan memakai seragam lama.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Terkini: Kota Pasuruan Terendah di Jatim

“Pakai seragam lama tidak apa-apa. Tapi tetap kami upayakan bisa didistribusikan sebelum tahun ajaran baru, atau tidak lama setelah dimulainya tahun ajaran baru,” ujar Mualif. (tof/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.