Tips Mencegah Anak Tenggelam, Orang Tua Wajib Simak!

214

Pasuruan (WartaBromo.com) – Akhir-akhir ini banyak pemberitaan mengenai anak tenggelam, baik karena kelalaian orang tua atau tanpa disengaja. Peristiwa ini tentu membuat sebagian orang tua merasa was-was.

Sebenarnya, peristiwa tenggelamnya anak-anak bisa diminimalisir para orang tua. Apalagi saat sedang mengajak anak berlibur atau bermain di pantai maupun sungai.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang harus dikuasai orang tua demi menghidari risiko anak tenggelam:

1. Tidak Sembarangan Masuk ke Air

Anak-anak punya jiwa petualang dan keingin tahuan yang tinggi, apalagi jika berada di tempat baru. Untuk itu, dampingi anak saat berada di lokasi wisata berair.

Beri tahu mereka agar tidak sembarangan masuk ke dalam air tanpa alat keselamatan khusus. Bila anak terlihat ingin bermain air, maka dampingi dan pastikan menjaga dengan ketat.

Baca Juga :   Deretan Pantangan Saat Hamil Trimester Ketiga

2. Hindari Menggunakan Pelampung Tangan

Salah satu antisipasi mencegah anak agar tidak tenggelam adalah dengan mengenakan pelampung tangan pada anak. Alih-alih aman, pelampung aman justru kurang disarankan.

Pasalnya, pelampung tangan bisa terlepas dari genggaman anak dan terjatuh. Apalagi pelampung tangan yang cara menggunakannya hanya dengan dipegang.

3. Ajarkan Anak Berenang

Tips selanjutnya adalah dengan mengajarkan anak berenang sedini mungkin. Tips ini juga akan sangat bermanfaat bagi anak sampai kapanpun.

Dengan mengajarkan anak berenang, maka risiko anak tenggelam jauh lebih kecil. Namun, orang tua tetap harus melakukan pengawasan khusus kepada anak. (trj)